Bangun Sekolah Desain, Binus Gandeng Northumbria University

Kompas.com - 05/03/2014, 11:42 WIB
Penandatanganan kerjasama antara Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan Northumbria University, Newcastle, Inggris, di Kampus Binus, Jakarta, Selasa (4/3/2014). C33-12/Fitri PrawitasariPenandatanganan kerjasama antara Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan Northumbria University, Newcastle, Inggris, di Kampus Binus, Jakarta, Selasa (4/3/2014).
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Bina Nusantara (Binus) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Northumbria University, Newcastle, Inggris, di Kampus Binus, Jakarta, Selasa (4/3/2014). Kerjasama kedua pihak dilakukan untuk mengembangkan industri kreatif di kalangan mahasiswa, khususnya di bidang desain.

Kerjasama tersebut memunculkan nama baru, yaitu Binus Northumbria School of Design (BNSD). Adapun program pembelajaran di ini meliputi Graphic Design & New Media, Fashion Design, dan Fashion Management.

"Jadi, mahasiswa akan memiliki kualitas dalam desainnya, tidak asal-asalan," kata Rektor Binus, Prof Harjanto Prabowo.

Harjanto berharap, kerjasama kedua pihak akan menghasilkan sekolah desain yang benar-benar dititikberatkan kepada industri kreatif. Para mahasiswa program desain di BNSD ini nantinya bisa mendapatkan dual degree dalam waktu 4 tahun tanpa harus ke luar negeri.

Menteri Universitas dan Sains Inggris, David Willetts, yang hadir pada peresmian kerjasama tersebut mengatakan bahwa pihaknya sedang dalam misi mengukuhkan kerjasama dengan Indonesia, khususnya di bidang desain.

"Kami ingin memperbanyak kerjasama penelitian. Indonesia merupakan salah satu partner terbaik Inggris dalam pendidikan saat ini," ucapnya.

Semenatar itu, Dean Faculty of Creative Media and Technologies, Minaldi Loeis, menjelaskan, dalam proses belajar-mengajar di jurusan ini akan ada dosen dari Universitas Northumbria. Mereka akan tergabung menjadi bagian pengajar di Binus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini membuka kemungkinan dosen kami juga akan mengajar di sana. Tapi, itu butuh proses. Karena selain mengajar, kerjasama ini juga meliputi riset," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.