Kompas.com - 15/04/2014, 10:37 WIB
Saat ini sudah ada situs www.belajardijepang.co.id. yang memposisikan diri sebagai warga Indonesia dan berusaha agar segala informasi didapat dengan mudah oleh pelajar di seluruh Indonesia.
Dok Fuji Staff Indonesia Saat ini sudah ada situs www.belajardijepang.co.id. yang memposisikan diri sebagai warga Indonesia dan berusaha agar segala informasi didapat dengan mudah oleh pelajar di seluruh Indonesia.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Merancang studi, memilih tujuan studi, menelusuri informasi kehidupan studi, serta mengenal sekolah lebih dekat merupakan tahapan yang diperlukan sebelum benar-benar memutuskan studi ke luar negeri, khususnya ke Jepang. Studi ke Jepang kini tak lagi miskin informasi.

Takeshi Yoshiwatari, seorang konsultan yang juga menjabat Vice President Director PT Fuji Staff Indonesia, di Jakarta, Senin (14/4/2014), mengatakan bahwa sebetulnya masih banyak pelajar Indonesia ingin belajar di Jepang. Namun, para pelajar tersebut terkendala oleh kurangnya informasi yang tepat untuk belajar di sana sehingga muncul persepsi macam-macam.

"Persepsi bahwa sekolah di Jepang itu mahal, belajar di Jepang itu susah karena harus menggunakan huruf Kanji, dan hal-hal lainnya masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian siswa Indonesia untuk pergi ke Jepang," ujarnya.

Untuk itulah, pihaknya meluncurkan situs www.belajardijepang.co.id. Dia mengakui, saat ini, siswa Indonesia yang ingin belajar di Jepang masih sulit mencari informasi tentang perguruan tinggi di Jepang. Sebagian besar informasi tersebut masih menggunakan bahasa Jepang sehingga sangat sulit dipahami.

"Di sini kami berikan informasi dengan memposisikan diri sebagai warga Indonesia, dan berusaha agar informasi tersebut bisa didapat dengan mudah oleh para pelajar dari seluruh tempat di Indonesia. Kami juga bekerjasama dengan banyak universitas di Jepang sehingga siswa bisa belajar dan hidup dengan nyaman di Jepang," kata Yoshiwatari.

Dok Fuji Staff Indonesia Saat ini, lima perguruan tinggi ternama di Jepang sudah bekerjasama dengan situs ini untuk berbagi informasi berharga mengenai studi di Jepang. Kelima perguruan tinggi itu masih membuka pendaftaran hingga September 2014. Mereka adalah Waseda University, Tohoku University, Tokyo International University, Kwansei Gakuin University, serta Ritsumeikan APU.
Saat ini, lima perguruan tinggi ternama di Jepang sudah bekerjasama dengan situs ini untuk berbagi informasi berharga mengenai studi di Jepang. Kelima perguruan tinggi itu masih membuka pendaftaran hingga September 2014. Mereka adalah Waseda University, Tohoku University, Tokyo International University, Kwansei Gakuin University, serta Ritsumeikan APU. Ke depan, akan lebih banyak lagi universitas yang akan ditampilkan dan diinformasikan.

Untuk tahu lebih jauh bagaimana perkembangan studi di Jepang, di mana bisa mencari informasi studi, serta kesempatan meraih beasiswa ke Jepang, akan digelar "Seminar Pendidikan Jepang" yang diselenggarakan oleh PT. Fuji Staff Indonesia bekerja sama dengan JASSO (Japan Student Service Organization), sebuah institusi independen di bawah pemerintah Jepang yang berperan sebagai pusat informasi pendidikan ke Jepang dan Japan Foundation. Seminar akan dilaksanakan pada Sabtu (19/4/2014), pukul 9.00 - 12.00, di Hall Japan Foundation, Summitmas I, Lantai 2, Jl Jenderal Sudirman Kav 61-62, Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terbatas hanya 120 kursi, peserta seminar diwajibkan mendaftar terlebih dahulu ke sjapan@fujistaff.co.id. Peserta akan mendapat penjelasan studi di Jepang oleh JASSO, penjelasan beasiswa, situs 'Belajar di Jepang', serta penjelasan dari kelima universitas tersebut. Untuk rencana seminar selanjutnya, Anda juga bisa mengikutinya melalui laman Facebook www.facebook.com/belajardijepang.co.id.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.