Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Belajar Ilmu Bisnis di Jepang!

Kompas.com - 10/06/2014, 16:16 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda ingin melanjutkan kuliah ke Jepang, tapi masih belum menentukan pilihan jurusannya?  Bisnis bisa menjadi salah satu pilihannya. Arus globalisasi yang diiringi dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat kemampuan berbisnis menjadi sangat diperlukan. Lapangan pekerjaan tidak lagi dibutuhkan, melainkan diciptakan.

Dalam Pameran Pendidikan Jepang 2014 yang diadakan oleh PT Fuji Staff Indonesia dan akan digelar di Summitmas 1, Jl Jend Sudirman Kav 61-62, Jakarta Selatan, Sabtu (14/6/2014), sedikitnya ada dua universitas yang menyediakan jurusan bisnis dengan berbahasa pengantar bahasa Inggris, yaitu Waseda University (WU) dan Kwansei Gakuin University (KGU).

"Lihat saja, bermunculan sekolah-sekolah bisnis, di antaranya di Waseda dan Kwansei Gakuin. Ini pilihan menarik apalagi banyak beasiswa juga yang ditawarkan," kata Takeshi Yoshiwatari Vice President Director PT Fuji Staff Indonesia, Jumat (6/6/2014).

WU memiliki Waseda Bussiness School (WBU) yang terdiri dari jenjang master dan doktoral. Ada lima program yang ditawakan WBU, yaitu international MBA program, Waseda-Nanyang double MBA program, one-year MBA program, evening MBA program, dan specialized MBA program. Dari lima program tersebut, hanya international dan Waseda-Nanyang program yang berbahasa pengantar bahasa Inggris. Pendaftaran WBU dibuka pada September tiap tahunnya.

Sementara itu, KGU Bussiness School, ada tiga program studi yang ditawarkan, yaitu management, marketing, dan finance. Semua program berbahasa pengantar bahasa Inggris.

Untuk biaya kuliah, kedua universitas tersebut menyediakan beasiswa untuk mahasiswa pascasarjananya. KGU menyediakan potongan biaya kuliah dari 35% hingga 50%, bergantung pada prestasi akademik, untuk mahasiswa asing pascasarjananya. Sementara itu, WU menawarkan beasiswa potongan biaya kuliah per tahun hingga beasiswa senilai 400.000 yen.

Pada Pameran Pendidikan Jepang 2014 nanti, perwakilan kedua universitas tersebut akan datang untuk mempresentasikan program untuk mahasiswa internasional, salah satunya adalah bussiness school. Selain itu, pengunjung pameran juga dapat berkunjung langsung ke booth tiap-tiap universitas untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com