Kompas.com - 15/08/2014, 10:56 WIB
ILUSTRASI:  KOMPAS.com/M. LatiefILUSTRASI:
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memberikan sebuah penghargaan kepada guru, dosen, kepala sekolah, dan seluruh tenaga pendidik yang berprestasi. Penghargaan untuk para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) berprestasi itu diharapkan bisa menjadi penggerak perubahan dalam kemajuan mutu pendidikan.

Direktur Jendral Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikmen Kemendikbud) Achmad Jazidie di Jakarta, Jumat (15/8/2014), mengatakan bahwa tujuan diberikannya penghargaan adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tujuan lainnya adalah meningkatkan mutu pendidikan ke arah lebih baik.

"PTK berprestasi diharapkan benar-benar menjadi model dan menjadi teladan yang bisa mempengaruhi lingkungan sekitarnya dan para sejawat lainnya," ujar Achmad.

Achmad menjelaskan, penilaian PTK berprestasi sesuai dengan standar yang ditentukan mulai dari menilai aspek kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan menguasai teknik-teknik pembelajaran.

"PTK berprestasi sebagai pelopor pengimplementasian Kurikulum 2013," katanya.

Achmad mengatakan, pemilihan PTK berprestasi dilakukan berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, kabupaten, provinsi, dan nasional. Kemudian diseleksi lagi dengan beberapa kriteria sampai terpilih peringkat 1, 2, dan 3.

"Ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap para guru, kepala sekolah, serta pengawas pendidikan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Achmad, apresiasi patut diberikan kepada mereka yang berprestasi agar termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi. Dia berharap, PTK berprestasi tersebut dapat memberikan motivasi kepada para PTK lainnya untuk berkarya lebih baik lagi dan terus belajar.

"Kita harus mengapresiasi karya orang lain, betapa pun kecilnya," katanya.

Achmad menambahkan, penghargaan PTK berprestasi ini dapat menjadi lokomotif dan  penggerak perubahan ke arah lebih baik. (DANE/ADRIE/ASW) Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.