Kompas.com - 12/09/2014, 07:30 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program magister (S-2) dan doktor (S-3) kembali dibuka. Ini merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut program magister atau program doktor di perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Bagi Anda yang tertarik, sasaran pelamar beasiswa ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program magister atau program doktor. Sasaran bidang ilmu sesuai prioritasnya meliputi bidang teknik, sains, pertanian, kedokteran/kesehatan, bidang akuntansi/keuangan, hukum, agama, sosial, ekonomi, budaya/bahasa, dan bidang lainnya.

Selain syarat umum WNI dan telah menyelesaikan studi program sarjana atau program magister, pelamar juga harus mengikuti persyaratan khusus untuk meraih beasiswa ini. Mereka yang lolos akan menerima bantuan dana pendidikan meliputi biaya pendidikan, pendaftaran (at cost), SPP, termasuk matrikulasi nonbahasa (at cost), serta non-SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku, tesis/disertasi, seminar, publikasi, wisuda (paket, per tahun, akumulatif).

Biaya tersebut juga meliputi transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost), asuransi kesehatan (paket), visa (at cost), hidup bulanan/living allowance (paket), tunjangan keluarga (paket), kedatangan/settlement allowance (paket), dan lainnya.

Pendaftaran BPI untuk Program Magister dan Doktor dibuka sepanjang tahun dengan proses seleksi dilakukan sebanyak 4 (empat) kali, yaitu pada Maret, Juni, September, dan Desember.  Bagi Anda yang tertarik, informasi dan jadwal pendaftaran serta seleksinya bisa dilihat dan diunduh di: www.lpdp.depkeu.go.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.