Kompas.com - 06/01/2015, 11:52 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Pemerintah Jepang, melalui program Teacher Training 2015, membuka kesempatan bagi para guru dari sekolah negeri ataupun swasta untuk memperdalam ilmu pengetahuannya di Jepang. Teacher Training Program atau Program Penataran Guru tersebut merupakan salah satu program beasiswa yang diberikan Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) untuk meningkatkan kualitas pengajaran para guru sesuai bidang masing-masing.

Lewat program penataran itu, para guru akan mengikuti pelatihan tentang cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka.

Program beasiswa ini adalah program non-gelar. Durasinya satu tahun enam bulan, termasuk enam bulan belajar bahasa Jepang, terhitung mulai Oktober tahun ini.

Adapun fasilitas yang didapat peraih beasiswa tanpa ikatan dinas ini meliputi:
- Tiket pesawat kelas ekonomi pergi-pulang Indonesia (Jakarta)–Jepang (Tokyo/Osaka).
- Biaya pendidikan penuh dan biaya pembuatan visa pelajar.
- Tunjangan hidup sebesar 143.000 yen per bulan yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang. Ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan.
- Fasilitas asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.
- Mereka yang merupakan PNS akan tetap mendapatkan gaji pokok dengan mengajukan permohonan tugas belajar kepada pemerintah kabupaten atau kota masing-masing.

Bagi yang tertarik, pendaftaran beasiswa ini akan tersedia sampai 8 Januari 2015. Informasi bisa dilihat di www.id.emb-japan.go.jp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.