Susah Cari Waktu untuk Lanjut Kuliah S-2? Ambil Saja Program "Online"!

Kompas.com - 07/02/2015, 08:00 WIB
Belakangan, banyak perusahaan menyaring SDM berkualitas dengan parameter tingginya jenjang pendidikan. Fenomena tersebut kemudian menjadikan mereka yang bergelar S-2 berpeluang lebih besar mendapatkan pekerjaan dan posisi yang diinginkan. Dok Binus Business SchoolBelakangan, banyak perusahaan menyaring SDM berkualitas dengan parameter tingginya jenjang pendidikan. Fenomena tersebut kemudian menjadikan mereka yang bergelar S-2 berpeluang lebih besar mendapatkan pekerjaan dan posisi yang diinginkan.
|
EditorLatief
KOMPAS.com – Sulitnya mencari waktu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana menjadi alasan banyak orang untuk puas berkantung pendidikan hanya sebatas sarjana (S-1). Alasannya beragam, mulai kesibukan bekerja hingga sudah berkeluarga.

Amat disayangkan, tentu saja. Padahal, jenjang pascasarjana semakin dibutuhkan untuk tenaga kerja saat ini. Belakangan, banyak perusahaan menyaring Sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan parameter tingginya jenjang pendidikan.

Fenomena tersebut kemudian menjadikan mereka yang bergelar S-2 berpeluang lebih besar mendapatkan pekerjaan dan posisi yang diinginkan. Di sisi lain, mereka dengan ijazah sebatas sarjana harus ikut bersaing dengan lulusan setingkat yang semakin meningkat tajam tiap tahunnya.

Salah satu sekolah bisnis manajemen yang tengah menangkap tingginya kebutuhan tersebut adalah Binus Business School (BBS). BBS diharapkan bisa menjadi satu solusi bagi mereka yang tidak memiliki cukup waktu untuk kembali melanjutkan jenjang pendidikan pascasarjana.

"Meningkatnya ekonomi di Indonesia menjadi salah satu faktor SDM dengan bekal S-2 menjadi idaman banyak perusahaan. Gelar S-2, terutama S-2 bisnis, memiliki kemampuan manajemen yang baik, dan sekarang perusahaan membutuhkan tak hanya orang yang kuat di bidang teknik, tapi juga skil manajemennya," jelas Executive Dean Binus Business School, Firdaus Alamsjah pada Kompas.com pekan lalu.

Saat ini di Binus Business School tersedia program magister online. Program tersebut untuk menangkap tingginya minat calon mahasiswa program S-2 dengan kesibukan tak menentu.

"Ini untuk memenuhi hasrat para fresh graduate yang ingin belajar manajemen di tengah euforia mereka setelah lulus S-1. Apalagi, mengingat fenomena dan kebutuhan perusahaan saat ini, sekolah bisnis manajemen kemudian menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan kemampuan tersebut sebagai modal untuk memenuhi kebutuhan perusahaan saat bekerja," ujar Firdaus.

"Segmentasi atau pasar yang mau dituju adalah orang yang baru lulus. Kebanyakan dari mereka yang sudah lulus itu justru banyak dari program studi non-manajemen," tambahnya.

Dok Binus Business School Jenjang pascasarjana semakin dibutuhkan untuk tenaga kerja saat ini. Belakangan, banyak perusahaan menyaring Sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan parameter tingginya jenjang pendidikan.
Muda dan eksekutif

Firdaus menjelaskan, ada tiga program studi di BBS. Pertama, MM (Master Magister) Profesional Muda. Kedua, MM Profesional. Program studi tersebut mencari para sarjana S-1 yang baru lulus dan memiliki hasrat kuat untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuannya.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X