Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN Berbasis Komputer di SMKN 28 Jakarta Berlangsung Lancar

Kompas.com - 13/04/2015, 15:35 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ujian Nasional (UN) 2015 serentak dilaksanakan hari ini, Senin (13/4/2015), di seluruh wilayah Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa sekolah, salah satunya ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 28 Jakarta.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud, Nizam, mengatakan bahwa SMKN 28 Jakarta menjadi tujuan pertama sidak karena sekolah tersebut adalah salah satu SMK pelaksana UN berbasis komputer (computer based test).

"Ujian nasional resmi digelar hari ini. Begitu juga dengan UN yang berbasis komputer. Selain SMKN 28 Jakarta, kami juga mendapat laporan dari beberapa wilayah lainnya, seperti di Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan DIY sudah mulai melaksanakan UN berbasis komputer," kata Nizam kepada Kompas.com, Senin siang.

Nizam menambahkan, UN berbasis komputer hari pertama yang diselenggarakan oleh SMKN 28 Jakarta berjalan lancar. Tidak ada infrastruktur yang bermasalah.

"Tidak ada permasalahan pada laptop atau PC yang digunakan oleh para siswa saat mengerjakan soal UN. Para siswa juga terlihat rileks saat mengerjakan soal UN. Tidak ada ketegangan atau kebingungan yang terlihat dari para siswa," kata Nizam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menggelar inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan UN hari pertama, Senin pagi di SMK Negeri 20 Jakarta. UN tingkat SMA/sederajat dimulai serentak hari ini di seluruh Indonesia.

Untuk pelaksanaan tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka sejumlah posko untuk mendukung jalannya UN 2015. Posko-posko tersebut siap melayani peserta ujian atau sekolah akan kebutuhan informasi selama pelaksanaan UN SMA/sederajat 13-15 April 2015 maupun UN SMP/sederajat pada 4-7 Mei  2015. Baca: Butuh Informasi Ujian Nasional? Kunjungi Posko UN Ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com