Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKAPI dan Grasindo Buka Kerja Sama dengan Korea Publishers Society

Kompas.com - 06/10/2015, 20:35 WIB
Nurulloh

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Perwakilan Indonesian Books Publishers Association (IKAPI) dan Penerbit Grasindo bertemu pengurus Korea Publishers Society (KPS) di Seoul Book Institute, Seoul, Korea Selatan, dalam kunjungan kerja sama dengan para pemenang kompetisi Publisher Searching for Author (PSA) 2015, Senin (5/10/2015) petang.

"Kami sangat senang bisa ke Korea dalam kunjungan balasan ini dan bertemu dengan KPS. Dari petemuan ini diharapkan terjalin kerja sama yang baik antara Indonesia dan Korea," kata Ketua Kompartemen Promosi Buku & Pengembangan Minat Baca IKAPI Rosidayati Rozalina.

Asisten Manajer Penerbit Grasindo Ariobimo Nusantara yang hadir pada kesempatan ini juga berharap kerja sama yang nantinya akan dirintis kedua belah pihak dapat dijadikan peluang untuk membangun dan mengembangkan industri penerbitan.

"Kami berharap nantinya kerja sama ini dapat berlangsung baik antara Indonesia dan Korea," katanya.

Penerbit Grasindo merupakan anak usaha milik Kompas Gramedia. Perusahaan penerbit tersebut sebelumnya menggelar kompetisi menulis bertema "Korea dalam Kata dan Rasa" dan berbagi dalam kategori fiksi anak-anak, remaja, dan dewasa serta nonfiksi atau artikel. Keenam pemenang tersebut diboyong ke Korea Selatan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata dan berkesempatan bertemu langsung dengan para penulis, editor, dan penerbit di Korea Selatan.

Dalam sambutannya, Presiden KPS Choi-Hoo Yoo menyambut baik kunjungan balasan dari IKAPI dan Grasindo ini. Beberapa waktu lalu KPS melakukan kunjungan ke Indonesia dalam rangkaian acara Indonesia International Book Festival (IIBF) 2015.

"Saya senang IKAPI (Indonesia) mau (membuka) kerja sama dengan kami, dan tentunya kami merasa sangat senang dengan kunjungan ini setelah pernah bertemu di Indonesia," katanya.

Namun, tambahnya, pihaknya memerlukan pertemuan lanjutan demi membahas apa saja yang bisa dikerjasamakan. Saat ini, tercatat ada 3.000 penerbit di Korea Selatan dan 340 di antaranya merupakan anggota KPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com