Kompas.com - 07/10/2015, 18:48 WIB
Pembukaan pameran keragaman pendidikan dan kebudayaan nasional dalam memperingati 50 tahun SEAMEO Malik Afrian/KOMPAS.comPembukaan pameran keragaman pendidikan dan kebudayaan nasional dalam memperingati 50 tahun SEAMEO
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran pendidikan dan kebudayaan Indonesia dalam rangka meramaikan 50 tahun berdirinya Organisasi Menteri-menteri Pendidikan di Asia Tenggara atau Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) digelar di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (7/10/2015). Sekitar 25 stand dari masing-masing perwakilan SEAMEO Centre di Indonesia, intansi pendidikan hingga pemerhati budaya.

Pameran bertajuk "50 Tahun Kerja Sama Pendidikan untuk Pembangunan Regional yang Berkelanjutan" itu akan berlangsung selama dua hari hingga Kamis (8/10/2015). SEAMEO memamerkan keenam perwakilan regionalnya, yaitu SEAMEO Biotrop, SEAMEO Qitep in Mathematics, SEAMEO Qitep in Languange, SEAMOLEC, SEAMEO Qitep in Sciene dan SEAMEO Recfon.

"Pameran hari ini tidak hanya menunjukkan keberagaman budaya nasional Indonesia, tapi juga kontribusi SEAMEO terhadap kualitas pendidikan dan kemajuan bidang agrikultur, maritim dan kesehatan," kata Direktur Sekretariat SEAMEO, Gatot Hari Priowirjanto, pada pembukaan acara tersebut di Gedung Kemendikbud, Jakarta.  

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi mengatakan bahwa kehadiran SEAMEO di bidang matematika, biotrop, kesehatan, bahasa, sains dan lainnya diharapkan dapat dimanfaatkan para pelajar di seluruh Indonesia.  

"Banyak yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan di Indonesia. Mulai tahun ini kami berharap bisa goes to school agar siswa dan guru bisa mengembangkan penelitian dan pembelajarannya sesuai minat. Ke depannya research center SEAMEO itu adalah sekolah,” ucap Didik.

Selain pameran, panitia juga mengadakan seminar dan SEAMEO Night puncak acara malam ini. Tak hanya ke enam regional SEAMEO yang berpartisipasi pada pameran pendidikan dan kebudayaan tersebut, melainkan juga instansi pendidikan sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan enam regional center sesuai bidangnya. 

Salah satunya adalah regional SEAMEO Biotrop yang fokus pada bidang penelitian pertanian bekerja sama dengan SMK Negeri 63 Jakarta. Lewat kerjasama tersebut para siswa bisa mengembangkan penilitiannya sesuai arahan dari SEAMEO Biotrop sebagai pengawas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga:  Dibuka… Beasiswa untuk Dosen, Guru, dan Praktisi Pendidikan!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.