Kompas.com - 17/10/2015, 10:46 WIB
Jika tidak fasih berbahasa Inggris bisa jadi Anda kaget mengikuti pola belajar yang ada. ThinkstockJika tidak fasih berbahasa Inggris bisa jadi Anda kaget mengikuti pola belajar yang ada.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Lancar berbahasa Inggris merupakan salah satu syarat jika Anda ingin kuliah di Belanda. Jangan mengeluh dulu. Pasalnya, jika tidak fasih berbahasa Inggris, bisa jadi Anda kaget mengikuti pola belajar yang ada.

Menurut Nuffic Neso Indonesia, sepanjang 2012-2013 Belanda kedatangan 90.500 mahasiswa internasional sehingga bahasa Inggris menjadi alat komunikasi pilihan. Untuk itulah, semakin tinggi nilai IELTS Anda peroleh, semakin mudah pula menjalani perkuliahan.

Bisa dikatakan, gaya belajar mengajar di Belanda dan Indonesia berbeda jauh. Perlu diketahui, bahwa 30 persen dari tugas yang diberikan berupa esai argumentatif, seperti kritik dan kajian terkait sebuah teori.

Kemampuan nalar serta analisis ditantang dan Anda juga sebaiknya mampu menjabarkan pemikiran sebaik mungkin. Tidak hanya gagasan yang menjadi tolak ukur penilaian, tetapi juga tata bahasa dan cara penulisan esai.

Selain itu, rata-rata mata kuliah mewajibkan mahasiswanya membaca di setiap pertemuan, terutama pada jenjang S-2. Ini tentu menuntut kefasihan Anda agar tidak “gagap” menjalankan tugas.

Kemampuan berbahasa juga digunakan sebagai sarana komunikasi di dalam kelas sebagai modal diskusi dengan dosen atau teman sejawat dari berbagai negara. Dengan begitu, Anda akan terselamatkan dari kesalahpahaman komunikasi dan tidak terbata-bata menyampaikan pendapat.

Tes kemampuan Anda

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi Anda yang belum tahu, IELTS merupakan International English Language Testing System atau tes kemampuan bahasa Inggris untuk mereka yang bukan penutur asli bahasa ini. Ujiannya dibagi dalam empat kemampuan bahasa, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking.

Untuk tahu kemampuan sebelum ikut ujian sebenarnya, Anda bisa ikut IELTS Prediction Test pada pameran pendidikan Dutch Placement Days (DPD) 2015. Pameran pendidikan ini akan diadakan di Bandung pada 27 Oktober 2015 dan Jakarta pada 29 Oktober 2015

Selain uji coba tes IELTS, DPD memberikan kesempatan berbincang langsung mengenai program studi internasional dan beasiswa di Belanda. Anda pun dapat menemui perwakilan perguruan tinggi untuk konsultasi langsung.

Jangan lupa bawa berkas yang dibutuhkan seperti CV, ijazah, dan transkrip nilai agar Anda dapat gambaran jelas mengenai tujuan kuliah. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs http://www.nesoindonesia.or.id atau hubungi (021) 52902172.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.