Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat... Otak Anda Jangan "Kosong" saat Hadiri Pameran Pendidikan!

Kompas.com - 24/10/2015, 08:03 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis


KOMPAS.com
– Tahun ini, 'Dutch Placement Day' akan diadakan di dua kota, yaitu Bandung dan Jakarta, pada 27 Oktober 2015 dan 29 Oktober 2015. Ini adalah waktu tepat bagi Anda, para pelajar yang berencana studi ke Belanda, untuk berburu informasi langsung dari perwakilan perguruan tinggi asal Belanda.

Tak hanya itu. Di acara yang dihadiri sekitar 30 universitas Belanda tersebut akan ada presentasi soal beberapa program beasiswa, di antaranya Studeren in Nederland (StuNed), Netherlands Fellowship Programme (NFP), Orange Tulip Scholarship (OTS), Beasiswa Pascasarjana Dikti, Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Erasmus Mundus, dan banyak lagi.

Namun, tak boleh sembarangan. Anda perlu mempersiapkan diri sebelum mulai berburu karena tiap tahun acara ini selalu dijejali ribuan pengunjung. Terlebih lagi, Anda tak punya banyak waktu. Dalam 3-4 jam, semua informasi yang dibutuhkan harus sudah di tangan.

Karena itu, agar kunjungan Anda bermanfaat dan dapat ditindaklanjuti sebaik-baiknya, rencanakan dengan cermat. Ingat, jangan sampai Anda datang dengan hasil sia-sia!

Riset kecil-kecilan

Sebelum hari 'H', Anda sudah harus mengantongi informasi hasil riset kecil-kecilan via internet. Pertama-tama, kunjungi situs 'Dutch Placement Day' dan pelajari kapan, di mana, dan apa saja yang akan dipamerkan di sini.

Pada tahap ini, setidaknya Anda sudah memutuskan jurusan studi dan telah menentukan beberapa kandidat perguruan tinggi tujuan. Informasi ini  bisa Anda dapatkan melalui "Studyfinder" atau database studi yang bisa diakses secara online.

Lewat Studyfinder, Anda bisa mencari informasi seputar program studi yang mungkin diminati, opsi penawaran dari universitas, persyaratan, batas waktu pendaftaran, jadwal perkuliahan, biaya studi, hingga tautan ke situs universitas dan email yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Lain halnya jika Anda berniat menempuh pendidikan dengan modal beasiswa. Selain universitas, Anda juga perlu mencari informasi beasiswa apa yang kira-kira cocok untuk Anda.

Misalnya, program beasiswa Erasmus Mundus hanya menawarkan pendidikan untuk jenjang S2 dan S3. Jadi, saat berkeliling di acara itu, Anda tidak akan menghabiskan waktu mengantre di jalur yang salah.

Agar bisa mendapatkan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, manfaatkanlah fasilitas "Grantfinder". Mesin pencari online ini menyediakan gambaran umum mengenai semua beasiswa yang tersedia untuk mengambil studi di Belanda. Tak lupa, jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan, catatlah di buku catatan.

Jangan tersesat!

Sesaat sebelum masuk ke area pameran, ada baiknya pelajari dulu denah lantainya. Mintalah brosur acara yang berisi denah dan jadwal presentasi. Jika tidak ada, tanyakan pada panitia dan catat dalam note khusus.

Dengan mengetahui denah pameran, Anda tak perlu membuang waktu mencari tenan universitas favorit Anda. Saat berkeliling, tentukan rute paling nyaman dan hemat waktu.

Jika ada jadwal presentasi dari program beasiswa yang sesuai minat Anda, sempatkan untuk hadir. Seringkali, ruang presentasi tidak cukup menampung semua peminat sehingga ada baiknya Anda datang sebelum presentasi dimulai dan pilih tempat duduk paling strategis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com