Buruan… Ada Beasiswa 30 sampai 100 Persen Khusus Pelajar Internasional ke Jepang!

Kompas.com - 03/11/2015, 05:11 WIB
Ada beberapa jenis beasiswa yang dapat diperoleh pelajar, seperti beasiswa dar pemerintah, dari lembaga, dan universitas. ThinkstockAda beberapa jenis beasiswa yang dapat diperoleh pelajar, seperti beasiswa dar pemerintah, dari lembaga, dan universitas.
|
EditorLatief


KOMPAS.com - Negeri Sakura terkenal royal menggelontorkan dana beasiswa, termasuk untuk pelajar internasional. Ada beberapa jenis beasiswa yang dapat diperoleh pelajar, seperti beasiswa dari pemerintah, lembaga, dan perguruan tinggi.

Belum lagi beasiswa yang ditawarkan pihak swasta. Informasi mengenai hal ini tidak segan diberikan universitas untuk mahasiswanya.

Selain itu, ada juga jenis beasiswa berupa pengurangan biaya kuliah. Salah satunya seperti yang diterapkan dalam program English Track (E-Track) di Tokyo International University (TIU).

Pengurangan biaya mata kuliah mulai dari 30 persen hingga 100 persen. Ini berlaku untuk seluruh calon mahasiswa dan berlaku selama empat tahun.

Beasiswa tersebut dapat diajukan ketika ujian masuk. Nantinya, pengumuman akan dilaksanakan bersamaan dengan pengumuman kelulusan.

Menjadi mahasiswa internasional

Tidak hanya beasiswa. Kuliah di Jepang juga membuka kesempatan untuk menjadi mahasiswa internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program E-Track tersebut, misalnya. Semua mata kuliah dalam program ini diberikan dalam Bahasa Inggris. Ada dua juruan yang dapar di pilih, yaitu Bisnis Ekonomi dan Hubungan Internasional.

"Meski menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, mahasiswa akan tetap mendapatkan studi tentang Jepang agar mereka tetap dapat berbaur dalam masyarakat dan mempelajari berbagai hal lainnya," kata Shunsuke Sekiguchi, General Manager E-Track Program, kepada Kompas.com akhir Oktober lalu.

E-Track juga memberi kesempatan pada mahasiswa untuk meraih double degree melalui sistem pertukaran mahasiswa. Program ini bekerja sama dengan sister university dari TIU, yaitu Willamete University di pantai barat Amerika Serikat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.