Kompas.com - 12/11/2015, 09:30 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
HONGKONG, KOMPAS.com - Binus University menggelar Binus Industry Partnership Program(BIPP) 2015 di Hongkong. Sebuah program yang diinisiasi untuk membina kerjasama antara perguruan tinggi, khususnya Binus University, dengan pihak industri untuk menyelenggarakan
program magang.

Diikuti 30 perwakilan industri dari Indonesia, acara tersebut dilaksanakan tiga hari mulai Selasa (11/11/2015) sampai Jumat (13/11/2015). CEO Bina Nusantara Group, Ir Bernard Gunawan, dalam sambutan diskusi dengan perwakilan industri tersebut mengatakan, salah satu isu pendidikan saat ini adalah going global, yaitu menyiapkan sumber daya manusia Indonesia di kancah persaingan global.

"Dua hal penting ingin saya sampaikan di sini adalah pertama, mendapat teman baru. Kedua, bisa berberkomunikasi dan menjalin networking yang kemudian berlanjut pada kerjasama. Sebagai instusi pendidikan, di sini kami adalah sebagai suplier, yaitu penyedia sumber daya manusia. Untuk itu, kami berharap bisa bekerjama dengan pihak industri," ujar Bernard, Rabu (12/11/2015).

Bernard mengakui, secara bisnis situasi global saat ini sedang kurang menguntungkan. Tapi, sebagai pengelola perguruan tinggi, dia percaya dalam situasi sesulit apapun kualitas SDM tetap sangat diperlukan dan harus menjadi prioritas ke depan, yaitu untuk menghadapi situasi-situasi sulit seperti itu.

"Kita sebagai bangsa Indonesia harus dapat menjadi tuan rumah sendiri. SDM Indonesia
itu sendirilah yang bisa membangun Indonesia lebih baik. Saya percaya akan hal itu, untuk itulah institusi pendidikan dan industri harus bekerjasama. Kekuatan itu ada pada jejaring," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.