Sekolahkan Anak ke Luar Negeri, Catat Strateginya!

Kompas.com - 22/01/2016, 06:42 WIB
Ilustrasi Sekolah di luar negeri ThinkstockIlustrasi Sekolah di luar negeri
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Sudah mahal, biaya sekolah anak di luar negeri pun sekarang direcoki ketidakpastian kurs saat ekonomi dunia gonjang-ganjing. Belum lagi soal mekanisme pengiriman uangnya.

Selain biaya, orangtua juga perlu menimbang matang sejumlah hal agar tak menahan langkah anak melanjutkan sekolah di luar negeri. Strategi pun harus disiapkan sejak awal.

Berikut ini sederet persiapan dan strategi itu:

Bidang yang diambil

Pertimbangan pertama adalah bidang atau jurusan yang akan diambil oleh anak nantinya. Memasuki era yang serba cepat ini, pilihan jurusan erat kaitannya dengan kelancaran pendidikan maupun peluang karier pada masa depan.

Tak jarang orangtua dan anak berpikir terbalik saat menentukan pilihan program studi. Mereka biasanya melihat dan menimbang universitas mana yang diinginkan. Padahal, pilihan yang baik berawal dari jurusan yang akan diambil.

Untuk memilih jurusan yang tepat, Anda dan anak bisa memulai riset tentang program studi dan universitas unggulan mana saja yang memiliki jurusan tersebut. Kini, ada banyak lembaga riset yang mengeluarkan data universitas unggulan.

Data itu bisa diunduh langsung melalui internet. Setelah riset, sebaiknya gali pula informasi langsung melalui beragam pameran pendidikan atau jejaring alumnus sekolah tujuan.

Kebutuhan anak

Pertimbangan berikutnya adalah perkiraan kebutuhan anak. Sarana dan prasarana di sana harus dicatat rinci agar segala kebutuhannya bisa diperkirakan sejak awal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X