Kompas.com - 13/05/2016, 17:37 WIB
Ensiklopedia Populer Pulau-pulau Kecil Nusantara Penerbit Buku KompasEnsiklopedia Populer Pulau-pulau Kecil Nusantara
EditorWisnubrata

Bila selesai, proyek reklamasi Teluk Jakarta (Pulau A sampai Q) akan menambah 17 pulau baru di DKI Jakarta. Mengutip Ensiklopedia Populer Pulau-pulau Kecil Nusantara: DKI Jakarta Seribu Nusa Ibu Kota di Laut Jawa, terdapat 110 pulau yang masuk dalam wilayah Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta. Dengan demikian, pulau yang masuk ke dalam administrasi DKI Jakarta akan menjadi 127 pulau.

Bila dilihat secara nasional, penambahan tersebut dapat memperbesar keseluruhan pulau di Indonesia. Berapakah total pulau kita?

Bukan 17.845?

Dalam berbagai kesempatan, kita sering mendengar bahwa jumlah pulau di Indonesia sesuai dengan tanggal kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, atau 17.845.

Entah dari mana datangnya cara mengingat tersebut, akan tetapi sampai sekarang banyak orang masih menggunakan data tersebut untuk dengan mudah mengingat jumlah pulau di Indonesia.

Berdasarkan Seri Ensiklopedia Populer Pulau-pulau Kecil Nusantara, pulau di Indonesia berjumlah 17.504 buah, berbeda 341 pulau dari perhitungan di atas.

Apabila 17 pulau reklamasi Teluk Jakarta ditambahkan, jumlah pulau di Indonesia akan menjadi 17.521 pulau. Jumlah itu pun masih kurang 324 pulau, belum terhitung proyek reklamasi lain di luar Teluk Jakarta.

Diakui PBB

Penerbit Buku Kompas Ensiklopedia Pulau Pulau Kecil Nusantara seri Banggai Sulawesi Tengah
Berkebalikan dengan usaha untuk menambah pulau baru dengan reklamasi, pemerintah telah membentuk Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa Bumi (Timnas PNRB) untuk melakukan kegiatan pembakuan nama pulau sehingga tertib administrasi pulau-pulau kecil dapat terwujud.

Tim tersebut terdiri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Dalam Negeri, Dinas Hidro-Oceanografi TNI-AL, dan Badan Informasi Geospasial.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.