Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Pendaftaran SBMPTN 2016 Tinggal Dua Hari Lagi!

Kompas.com - 18/05/2016, 22:50 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Setelah hampir satu bulan dibuka, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 segera ditutup. Peserta yang belum mendaftar tinggal punya sisa waktu hingga dua hari ke depan.

Dalam situs web resmi SBMPTN 2016, pendaftaran akan ditutup pada 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran bisa dilakukan secara online lewat laman http://www.sbmptn .ac.id.

Di laman tersebut, calon peserta bisa mengisi data pribadi berupa nama dan tanggal lahir guna mendapatkan slip pembayaran. Pada slip itu, ada info mengenai kode pembayaran, tanggal pembayaran, Kode Akses Pembayaran (KAP), dan Personal Identification Number (PIN) calon peserta.

Selanjutnya, slip dicetak dan dibayarkan melalui bank mitra SBMPTN (Bank Mandiri atau Bank BNI). Setelah membayar, calon peserta bisa melakukan log in dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diaktifkan pada https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Langkah selanjutnya, calon peserta melengkapi identitas diri dengan mengunggah foto, mengisi biodata diri, memilih Panitia Lokal sebagai tempat mengikuti ujian, dan program studi yang menjadi target.

Ujian tertulis SBMPTN akan diselenggarakan pada 31 Mei 2016. Adapun hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB.

Pada tahun ini ada tiga cara dapat dipakai untuk mendapatkan kesempatan kuliah di kampus pelat merah. Ketiga cara itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang hasilnya sudah diumumkan pada 9 Mei 2016, lalu SBMPTN, dan terakhir adalah Seleksi Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com