Kompas.com - 30/05/2016, 14:51 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com — Besok, tepatnya Selasa (31/5/2016), ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan digelar. Dari sekarang, peserta SBMPTN sebaiknya mulai mencatat jadwal ujian. Jangan sampai terlambat datang!

Seperti tercatat di situs resmi SBMPTN, peserta yang mengambil bidang Saintek dan Campuran akan memulai ujian lebih awal, baik untuk ujian dengan metode paper based test (PBT) maupun computer based test (CBT). Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) menjadi materi pembuka, dimulai pukul 07.00 WIB sampai 09.15 WIB.

Lalu, setelah beristirahat selama 30 menit, ujian dilanjutkan dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) pada 09.45 WIB sampai 11.45 WIB. Semua peserta SBMPTN, termasuk calon mahasiswa bidang Soshum, wajib mengikuti tes ini.

Setelah materi TKPA, peserta SBMPTN bidang Saintek bisa langsung pulang, sedangkan calon mahasiswa bidang Soshum dan Campuran masih harus menyelesaikan satu materi ujian terakhir, yaitu TKD Soshum.

Namun, ada hal berbeda dalam pelaksanaan ujian SBMPTN tahun ini karena ada dua metode uji, CBT dan PBT. Peserta ujian CBT akan memasuki ruang uji 15 menit lebih awal untuk latihan sistem dan memastikan aplikasi CBT bisa berfungsi dengan baik.

Setidaknya, ada 30 perguruan tinggi negeri siap memfasilitasi CBT. Kuota CBT yang disiapkan sekitar 2.500 dan sudah habis dalam satu pekan sejak dibuka pada 25 April 2016.

"Kuota (CBT) paling banyak ada di Universitas Negeri Yogyakarta," ucap Ketua Umum SBMPTN 2016 Rochmat Wahab kepada Kompas.com, Senin (9/5/2016).

Meskipun jadwal pelaksanaan SBMPTN sudah pasti, peserta diharapkan datang lebih awal. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan gagal ikut tes karena terlambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.