Kompas.com - 31/05/2016, 20:08 WIB
Peserta SBMPTN akan menghadapi ujian pada Selasa, 31 Mei 2016 nanti. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGPeserta SBMPTN akan menghadapi ujian pada Selasa, 31 Mei 2016 nanti.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 yang dilaksanakan Selasa (31/5/2016) diharapkan berjalan dengan jujur. Panitia mengimbau agar peserta tidak pakai joki atau orang bayaran untuk mengerjakan ujian.

"Kami sudah siap mengantisipasi hal itu terjadi," ujar Ketua Umum SBMPTN 2016 Rochmat Wahab seperti dikutip dari Antara, Senin (31/5/2016).

Menurut Rochmat, panitia sudah mempelajari aktivitas perjokian. Bahkan, bila ada peserta yang terdeteksi menggunakan jasa joki akan langsung dicoret dari daftar peserta.

"Tidak perlu diumumkan. Namanya akan langsung dicoret (dan otomatis tidak lulus),” ujarnya.

Biasanya, lanjut Rochmat, joki adalah mahasiswa senior dan pintar dari kampus negeri. Untuk itu, konsekuensinya tidak hanya dibebankan pada peserta, tetapi juga mahasiswa yang menerima jasa joki.

"Jangan mengorbankan nama demi keuntungan yang tidak seberapa. Terlebih lagi mahasiswa (yang jadi joki) bisa dikeluarkan dari kampus," katanya.

Untuk menghindari praktik itu, Rochmat dan panitia sudah meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan SBMPTN hari ini.

Adapun ujian SBMPTN 2016 tertulis dilakukan hari ini sejak pukul 07.00 WIB dengan total peserta 721.314. Sementara itu, ujian keterampilan akan dilaksanakan Rabu (1/6/2016) dan atau Kamis (2/6/2016) oleh peserta yang memilih program studi tertentu.

Pengumuman hasil seleksi bisa diakses melalui laman resmi sbmptn.ac.id mulai 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.