Tak Lolos SBMPTN, Masih Ada Jalur Mandiri untuk Masuk Kampus Negeri

Kompas.com - 28/06/2016, 17:11 WIB
Ujian lewat jalur mandiri dikelola oleh masih-masing universitas negeri. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGUjian lewat jalur mandiri dikelola oleh masih-masing universitas negeri.
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Hasil ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) baru telah diumumkan, Selasa (28/6/2016). Bagi yang belum lolos seleksi ini, masih ada Jalur Mandiri untuk mencoba lagi masuk ke kampus negeri. 

Untuk masuk perguruan tinggi negeri, saat ini tersedia tiga jalur. Dua jalur sudah rampung, yaitu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan SBMPTN. Jalur Mandiri merupakan alternatif ketiga untuk bisa terdaftar di kampus negeri.

Merujuk situs panitia pelaksana seleksi, porsi penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN adalah maksimal 30 persen kursi yang tersedia, sementara untuk jalur SBMPTN adalah maksimal 40 persen kursi.

Beberapa PTN sudah membuka pendaftaran untuk jalur mandiri. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), misalnya, membuka seleksi masuk (SM) mulai 13 Juni 2016 sampai 13 Juli 2016 pukul 22.00 WIB.

Pada tahun lalu, UPI mendapatkan 10.000 pendaftar jalur mandiri. Dari jumlah itu, 1.460 di antaranya diterima. Artinya, peluang lolos seleksi ini berkisar satu berbanding tujuh.

Peluang tersebut lebih besar dibandingkan lewat SBMPTN, yang pada 2015 memberikan data 1 berbanding 25. Angka peluang untuk Jalur Mandiri juga lebih tinggi dibandingkan SNMPTN, yang pada 2015 tercatat 1 berbanding 13.

Sistem seleksi Jalur Mandiri dirancang hampir sama dengan SBMPTN. Pendaftaran dilakukan secara online, ujian pun ada yang dilaksanakan dengan sistem Computer Based Test (CBT).

Bagi peserta yang ingin mengambil jurusan olahraga dan kesenian wajib pula mengikuti tes keterampilan laiknya saat SBMPTN. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di http://sm.pmb.upi.edu/.

Selain UPI, Universitas Brawijaya juga mengadakan seleksi mandiri atau seleksi minat dan kemampuan (SPMK). Menurut situs resmi UB, pendaftaran secara online mulai dibuka pada 20 Juni 2016 sampai 15 Juli 2016 melalui laman http://selma.ub.ac.id.

Tak semua seleksi sama

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X