Kompas.com - 22/08/2016, 17:16 WIB
Para pelajar Indonesia penerima beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) di Belanda menggagas forum diskusi Dok Nuffic Neso IndonesiaPara pelajar Indonesia penerima beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) di Belanda menggagas forum diskusi "In the Footstep of Hatta: How to Build Global Competitiveness". Diskusi digelar pada acara tahunan StuNed Day di KBRI Den Haag, Belanda, Sabtu (19/3/2016).
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Dalam buku "Beasiswa 5 Benua: 100 Kiat Berburu Beasiswa Luar Negeri", Ahmad Fuadi menuliskan bahwa beasiswa bukan hanya untuk orang pintar. Lebih utama, lanjut dia, orang harus bersungguh-sungguh melakukan usaha di atas rata-rata demi mendapat beasiswa.

Kok begitu? Ya, karena kadang orang yang secara akademis biasa saja justru berhasil lolos beasiswa ke luar negeri. Hal ini bisa terjadi karena mereka bersungguh-sungguh mencari, mendaftar, kemudian berani mengulangi proses sama ketika lamarannya belum diterima.

Melamar beasiswa memang penuh detail dan kejelian. Semua syarat tak boleh terlewatkan. Bagi orang yang bersungguh-sungguh, proses tersebut dilewati tanpa mengeluh.

Kalaupun lamaran ditolak, bukan putus asa yang melanda, melainkan evaluasi diri. Mungkinkah ada proses yang kurang?

Jangan terburu-buru

Syarat-syarat pendaftaran beasiswa cukup banyak sehingga butuh waktu lama mengumpulkannya. Kemampuan bahasa termasuk salah satu syarat yang memerlukan upaya tak sedikit.

"Kalau bahasa itu kita harus (ikut tes) IELTS dulu. Memang, harus bener-bener belajar karena sayang kan (tes) IELTS semakin mahal," kata Annisa Maulani, penerima beasiswa Erasmus+ tahun 2016 kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2016).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengaku tak sempat mengambil kursus bahasa karena saat itu masih aktif bekerja.

"Saya belajar otodidak, kan sambil kerja, jadi nilainya pas-pasan karena enggak les, hehe," ujar Annisa.

Namun, di tengah tumpukan pekerjaan, dia tetap meluangkan waktu belajar mandiri.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.