Kompas.com - 23/08/2016, 16:22 WIB
Khusus untuk mahasiswa program E-Track, Tokyo International Univesity (TIU) memberikan beasiswa berupa pengurangan biaya mata kuliah (tuition reduction) mulai 30 persen hingga 100 persen. Mahasiswa bisa mendaftar beasiswa ketika ujian masuk. Dok Tokyo International UniversityKhusus untuk mahasiswa program E-Track, Tokyo International Univesity (TIU) memberikan beasiswa berupa pengurangan biaya mata kuliah (tuition reduction) mulai 30 persen hingga 100 persen. Mahasiswa bisa mendaftar beasiswa ketika ujian masuk.
|
EditorLatief


KOMPAS.com
- Tren melanjutkan studi ke luar negeri makin diminati pelajar Indonesia. Beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat, Australia, atau Eropa pun menjadi tujuan favorit mereka kuliah.

Sementara itu, kawasan Asia sering terabaikan. Padahal, banyak perguruan tinggi di kawasan itu punya reputasi mentereng.

Kuliah di beberapa negara di Asia juga punya keuntungan tersendiri bagi pelajar Indonesia. Salah satunya, sebagian menu makanan tak terlalu jauh berbeda dengan di dalam negeri.

Terlebih, hampir semua perguruan tinggi terbaik di Asia ada di kawasan Asia Timur dan Tenggara, negara-negara yang umumnya menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Dengan begitu, mahasiswa Indonesia yang kuliah di kawasan tersebut tak kesulitan beradaptasi dalam hal makanan.

Lalu, perguruan tinggi mana saja yang punya reputasi menterang di Asia? Berikut beberapa perguruan tinggi terbaik di Asia versi Times Higher Education 2015.

National University of Singapore

Didirikan pada 1905, National University of Singapore (NUS) adalah perguruan tinggi yang mengadopsi dua sistem pendidikan. Pertama, metode belajar dari Inggris—tutorial atau kelompok kecil—dan kedua sistem kredit mata kuliah seperti di Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mata kuliah wajib, mahasiswa juga bisa memilih mata kuliah dari berbagai jurusan lain sebagai mata kuliah tambahan tanpa pungutan biaya. Jadi, mereka bisa mencari ilmu lain di luar jurusan kuliahnya.

Dok Fujistaff Indonesia Jangan khawatir, perguruan tinggi di Asia pun banyak yang menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris.

Untuk lembaga penelitian, NUS memiliki tiga Research Center of Excellence (RCE), yaitu lembaga penelitian bentukan Yayasan Riset Nasional Singapura dan Kementerian Pendidikan Singapura.

NUS juga aktif terlibat dalam jaringan akademis dan penelitian internasional, seperti Asosiasi Pacific Rim Universities (APRU) dan International Alliance Universitas Riset (IARU).

Tak heran, kelebihan tersebut membuat NUS duduk di peringkat ke-23 dari 100 perguruan tinggi terbaik dunia dan peringkat satu di Asia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.