Kompas.com - 04/01/2017, 07:11 WIB
Amerika Serikat menjadi salah satu destinasi studi favorit di dunia. THINKSTOCKPHOTOSAmerika Serikat menjadi salah satu destinasi studi favorit di dunia.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
– Jalan menuju kampus di Amerika Serikat (AS) tidaklah tunggal. Selain bantuan beasiswa, banyak strategi bisa dilakukan terkait pendanaan kuliah di AS.

Mayoritas sumber pendanaan mahasiswa internasional di AS pun sebenarnya tak berasal dari beasiswa. Institute for International Education (IIE) mencatat, hanya 8 persen pelajar luar negeri tahun ajaran 2014/2015 yang mendapat sokongan beasiswa.

Sekitar 64 persen mahasiswa internasional lainnya justru kuliah menggunakan dana pribadi atau bantuan keluarga. Jadi, tak perlu berkecil hati jika lamaran beasiswa belum diterima. Asal jeli berstrategi, biaya kuliah di AS bisa lebih hemat. Caranya?

Cerdik

Dana yang perlu disiapkan tak hanya untuk biaya perkuliahan. Keperluan hidup di AS perlu pula jadi pertimbangan. Sebagai patokan, rata-rata biaya hidup di AS berkisar antara 8.000 dollar AS hingga 12.000 dollar AS per tahun.

Kisaran itu tentu bergantung pada gaya hidup mahasiswa. Jadi, pada prinsipnya semua pengeluaran selama kuliah bisa ditekan asal cerdik mengatur keuangan.

Dok. HaloMoney.co.id Selain berhemat, mahasiswa luar negeri sebaiknya menabung agar keuangan tak mengalami "paceklik".

Sejak awal, misalnya, pilih tempat tinggal di area sekitar kampus untuk menekan biaya transportasi. Kebutuhan makan harian pun sebaiknya disiapkan secara mandiri agar lebih hemat.

Tabungan dalam jumlah tertentu sebaiknya disiapkan pula. Perlu diingat, besaran biaya bagi mahasiswa perantauan luar negeri sangat bergantung pada nilai tukar mata uang. Kondisi ekonomi belum tentu terus stabil selama masa studi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bekerja

Pemerintah AS memperbolehkan mahasiswa internasional untuk bekerja paruh waktu selama 20 jam per minggu. Pilihan paling dekat, pelajar dapat melamar pekerjaan di universitas terkait, misalnya sebagai penjaga perpustakaan atau staf kafetaria.

Bekerja paruh waktu di luar kampus atau jamak disebut optional practical training (OPT) juga diperbolehkan bagi mahasiswa internasional. Namun, izin dari lembaga kependudukan dan imigrasi AS (USCIS) serta universitas perlu dikantongi terlebih dulu. Selain itu, mahasiswa sudah kuliah minimal 9 bulan sebelum mengikuti OPT.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.