Muhammadiyah Beli Lahan untuk Bangun Sekolah di Australia

Kompas.com - 31/05/2017, 18:20 WIB
Muhammad Edwars(kiri), ketua PCIM Australia Selandia Baru, setelah penandatanganan perjanjian jual beli lahan IST/Australia PlusMuhammad Edwars(kiri), ketua PCIM Australia Selandia Baru, setelah penandatanganan perjanjian jual beli lahan
EditorErvan Hardoko

MELBOURNE, KOMPAS.com - Muhammadiyah, salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia, membeli lahan seluas 10 hektar di Narre Warren East di Melbourne, Australia.

Di lokasi ini akan dibangun sekolah bernama Muhammadiyah Australia Islamic School (MAIS) yang rencananya akan dibuka pada 2019.

Pembelian lahan tersebut secara resmi sudah dilakukan 25 Mei lalu, sehari sebelum Ramadhan dimulai, dengan penandatanganan akta jual beli yang dilakukan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah dan Aisyiyah (PCIM/PCIA) Australia Selandia Baru Muhammad Edwars.

Baca: Mengenal Sekolah Islam di Australia

“Proses pencarian tanah ini memakan waktu lebih dari 2 tahun karena ketatnya peraturan di Australia untuk tanah yang bisa dijadikan sekolah,” tutur Muhammad Edwars.

Edwars menambahkan, terkadang mereka sudah menemukan tanah yang memenuhi semua persyaratan dan berada dekat dengan komunitas Muslim di Melbourne tetapi harganya terlalu mahal.

Atau sebaliknya, mereka menemukan tanah yang harganya terjangkau, tetapi tidak memenuhi persyaratan untuk dijadikan sekolah.

Itulah sebabnya pembelian tanah ini merupakan tonggak sejarah yang sangat signifikan bagi warga Muhammadiyah yang sudah bekerja keras selama tiga tahun terakhir ini.

Dalam keterangannya kepada wartawan ABC Australia Plus Indonesia, Sastra Wijaya, Muhalim, salah seorang perngurus PCIM Melbourne menjelaskan proses yang akan dilakukan untuk mewujudkan sekolah Muhamadiyah ini adalah mengurus perizinan dari pemeirntah setempat.

"Kami akan melibatkan arsitek profesional dan juga ahli tata kota untuk membuat desain sekolah yang memperhatikan kebutuhan siswa-siswi untuk taman kanak-kanak (preparation) sampai dengan Kelas 12," kata Muhalim.

" Sekolah ini akan berwawasan lingkungan dan menjaga kebutuhan masyarakat sekitar dari segi akses jalan, pemakaian dan pembuangan air dan lainnya yang merupakan persyaratan untuk mendapatkan izin," katanya lagi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X