Antisipasi Kebutuhan SDM Masa Depan, UMN Terus Kembangkan Prodi Baru

Kompas.com - 08/06/2017, 19:23 WIB
Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dok UMN.AC.IDKampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
EditorAmir Sodikin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadapi persaingan global yang semakin ketat, membuat Indonesia harus cepat berbenah untuk melahirkan sumber daya manusia yang andal, kompetitif, dan melek teknologi informasi.

Menyambut tantangan itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) terus berupaya mengembangkan program studi (prodi) baru yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Tahun 2017 ini, Universitas Multimedia Nusantara meluncurkan program studi D3 Perhotelan dan S1 Manajemen Bisnis. D3 Perhotelan ini merupakan respons UMN terhadap program kerja pemerintah Indonesia yang sedang mengembangkan 10 destinasi wisata baru.

"Untuk mengantisipasi 10 destinasi wisata baru itu, pasti akan dibutuhkan berbagai akomodasi, salah satunya hotel. Sudah tentu, dibutuhkan pula tenaga perhotelan," kata Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Ninok Leksono, saat menggelar temu media di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Wakil Rektor UMN, Andrey Andoko, mengatakan, prodi perhotelan akan fokus ke pencetakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan praktikal perhotelan yang menyeluruh, kemampuan teknologi informasi yang mumpuni, serta kemampuan berbahasa asing dan tata kelola operasional.

UMN nantinya akan memberikan kesempatan magang di jaringan grup Hotel Santika. Sebagaimana diketahui, UMN dan Santika merupakan perusahaan di bawah bendera grup yang sama yaitu Kompas Gramedia Group.

Selain itu, D3 Perhotelan UMN juga menjalin kerja sama dengan hotel-hotel internasional ternama. Salah satunya adalah dengan Archipelago International yang membawahi hotel-hotel seperti Aston, Alana, Kamuela, Fave Hotel, Neo Hotel, Quest Hotel, dan Harper Hotel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

D3 Perhotelan menjadi prodi yang baru diluncurkan tahun 2017 ini, bersamaan dengan prodi S1 Manajemen Bisnis.

Tahun sebelumnya, UMN juga meluncurkan prodi baru yaitu S1 Teknik Elektro dengan peminatan Industry Automation, S1 Teknik Fisika dengan peminatan Manajemen Energi, S1 Arsitektur dengan peminatan Green Architecture.

Selama ini, UMN dikenal sebagai kampus dengan metode pengajaran yang sudah diselaraskan dengan kebutuhan industri terkini. Andrey mengatakan, pihaknya kini terus berbenah untuk menyiapkan sumber daya manusia andal yang siap berkompetisi di industri masing-masing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.