Kompas.com - 28/11/2017, 22:55 WIB
Usai berdiskusi pada College Tour di Ecodome, Kebun Raya Bogor, Selasa (28/11/2017), para delegasi Pemerintah Belanda ikut menyempatkan diri menanam pohon bersama komunitas GTP di areal Kebun Raya Bogor dalam rangka menyambut Hari Pohon Sedunia. M LATIEF/KOMPAS.comUsai berdiskusi pada College Tour di Ecodome, Kebun Raya Bogor, Selasa (28/11/2017), para delegasi Pemerintah Belanda ikut menyempatkan diri menanam pohon bersama komunitas GTP di areal Kebun Raya Bogor dalam rangka menyambut Hari Pohon Sedunia.
Penulis Latief
|
EditorLatief

BOGOR, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Belanda mengapresiasi komunitas gerakan tanam pohon (GTP) yang terus mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan penghijauan di kota tersebut. GTP konsisten sejak 2015 menanam pohon

Delegasi Belanda yang diwakili Direktur Jenderal Hubungan Politik Kementerian Luar Negeri Belanda, Andre Haspels, memang sedang melakukan kunjungan ke Indonesia, salah satunya ke Ecodome, Kebun Raya Bogor, untuk memperingati 200 tahun Kebun Raya Bogor.

Usai berdiskusi pada College Tour di Ecodome, Kebun Raya Bogor, Selasa (28/11/2017), para delegasi tersebut ikut menyempatkan diri menanam pohon bersama komunitas GTP di areal Kebun Raya Bogor dalam rangka Hari Pohon Sedunia. 

"Ini satu bentuk gerakan yang patut didukung karena konsistensinya. Merekalah yang kelak akan menghidupkan paru-paru kota," ujar Andre.

Suparno, salah satu inisiator GTP yang juga Ketua HUT ke-2 GTP, mengatakan bahwa GTP akan tetap menggalakkan gerakan tersebut. Salah satu program kegiatan tahun ini adalah penanaman pohon buah yang bernilai ekonomi tinggi.

"Tujuannya sih simpel, supaya hijau dan rindang, dan hasilnya bisa dinikmati," kata Suparno.

GTP didirikan oleh para alumni Fakultas Kehutanan IPB angkatan 28. Dari yang hanya dilakoni oleh segelintir alumni, di tahun kedua komunitas tersebut berjalan gerakan anggotanya semakin luas, mulai pelajar, mahasiswa, hingga pejabat DPRD setempat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami upayakan konsisten bisa rutin menanam pohon minimal satu minggu sekali dan mungkin bisa lebih dari itu kalau semakin banyak yang ikut gerakan ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.