Hibah dari Kampus Jiran untuk Kembangkan Teknologi dan Bisnis Energi

Kompas.com - 28/02/2018, 16:27 WIB
Panel surya dipasang di atap gedung Universitas Pertamina Jakarta yang menghasilkan daya 10 KWP KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDIPanel surya dipasang di atap gedung Universitas Pertamina Jakarta yang menghasilkan daya 10 KWP


JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan tinggi diharapkan menjadi kawah candra dimuka yang mampu menelurkan berbagai inovasi. Guna melahirkan inovasi, akademisi di pendidikan tinggi perlu melakukan pengkajian ilmiah.

Salah satu faktor penting untuk melakukan penelitian adalah dana. Saat ini, sebagian besar penelitian di Indonesia masih ditopang oleh pemerintah. Berbeda dengan negara-negara maju yang mengandalkan sektor industri untuk membiayai penelitian.

Pengembangan kajian berbasis teknologi dan bisnis energi tengah dijalankan oleh Universitas Pertamina (UP). Kampus yang berada di Jakarta Selatan itu memang fokus di bidang bisnis energi dan energi terbarukan.

Beruntungnya, institusi pendidikan tinggi tersebut mendapat hibah dana penelitian untuk bidang pengembangan energi dan teknologi yang berguna bagi komunitas dan masyarakat.

(Baca:  Penelitian di Kampus Jadi Kunci Indonesia Bisa Melesat)

Universiti Teknologi Petronas (UTP) mengucurkan dana 25.000 dollar AS untuk 5 dosen Universitas Pertamina yang akan melakukan penelitian. Setiap proposal penelitian yang diajukan mendapat dana senilai 5.000 USD.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Universitas Pertamina Agung Pramudito, Ph.D mengatakan, kerja sama UP dan UTP dijalin karena kedua kampus memiliki kesamaan induk dan model.

“Akan banyak yang kami pelajari karena UTP sudah lebih berpengalaman. Harapannya, apa yang baik dari mereka bisa dibawa sehingga UP dapat lebih berkembang lagi,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (28/2/2017).

Sebelumnya, perwakilan kedua kampus telah menandatangani nota kesepahaman pada 11 Januari 2017. Saat itu disepakati bahwa kedua kampus akan bekerja sama dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan pertukaran dosen atau mahasiswa.

Kapasitas dosen

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.