Para Guru Punya Kesempatan Raih Akreditasi Pelatih Cambridge - Kompas.com

Para Guru Punya Kesempatan Raih Akreditasi Pelatih Cambridge

Kompas.com - 12/03/2018, 19:47 WIB
Penandatanganan kerjasama antara Cambridge Assessment International Education dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF), Senin (12/3/2018), di Sampoerna University L?Avenue Campus, Jakarta. Dok PSF Penandatanganan kerjasama antara Cambridge Assessment International Education dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF), Senin (12/3/2018), di Sampoerna University L?Avenue Campus, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Para guru Indonesia akan punya kesempatan mendapatkan akreditasi sebagai guru-pelatih Cambridge, yang nantinya dapat melatih guru-guru lain di sekolah yang mengaplikasikan kurikulum Cambridge International.

Demikian salah satu kesimpulan kerjasama antara Cambridge Assessment International Education dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) yang ditandatangani, Senin (12/3/2018), di Sampoerna University L’Avenue Campus, Jakarta. Cambridge dan PSF melalui Sampoerna University akan bekerjasama menyediakan pelatihan pengembangan profesi untuk para guru di Indonesia.

Inisiatif dalam pengembangan profesi tersebut tahun ini memang akan kembali memberikan kesempatan kepada para guru di Indonesia untuk membangun kompetensi di bidang pendidikan internasional berbasis Bahasa Inggris. Seperti tahun lalu, inisiatif tersebut akan dimulai pada April 2018 ini.

"Membangun kompetensi guru di sini adalah dengan mengajarkan kurikulum internasional dalam Bahasa Inggris, juga secara bilingual, yang dikombinasikan dengan kurikulum nasional Indonesia. Para guru juga berkesempatan mendapatkan akreditasi sebagai guru-pelatih Cambridge, yang nantinya bisa melatih para guru lainnya di sekolah-sekolah yang mengaplikasikan kurikulum Cambridge International," ujar Ben Schmidt, Direktur Regional Asia Pasifik dan Asia Tenggara Cambridge International Examinations.

Salah satu fokus kegiatannya, lanjut Ben, adalah mengembangkan kapasitas lokal untuk menyediakan pengembangan profesional berkualitas tinggi di bidang pendidikan. Setiap tahun mereka mengirimkan pelatih Cambridge yang terakreditasi dari Inggris ke Indonesia untuk memberikan lebih dari 30 kegiatan pelatihan guru pada mata pelajaran Cambridge IGCSE dan Level A/AS.

Gusman Yahya, Direktur Putera Sampoerna Foundation - School Development Outreach (SDO) mengatakan, pihaknya secara aktif mengajak institusi-institusi pendidikan internasional seperti Cambridge untuk terus-menerus mendorong lulusan berkualitas yang mampu bersaing di pasar global, termasuk mempersiapkan mereka untuk siap bekerja di tingkat dunia.

"Caranya dengan menyediakan pengalaman pendidikan yang komprehensif. Kemitraan ini tentu menciptakan kesempatan lebih besar dalam hal akses dan kemampuan bagi sekolah dan para pendidik untuk mendapatkan pengembangan profesional berkualitas tinggi," kata Gusman.


EditorLatief
Komentar
Close Ads X