Gagal SNMPTN, Ini Cara Mendaftar SBMPTN

Kompas.com - 18/04/2018, 15:01 WIB
Hasil SNMPTN 2018 dapat diakses melalui laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id/ http://pengumuman.snmptn.ac.id/Hasil SNMPTN 2018 dapat diakses melalui laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id/

KOMPAS.com — Para peserta yang belum lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) yang telah diumumkan hasilnya dapat mengikuti jalur lain melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran daring (online) ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan ujian tulis berbasis komputer dimulai 5 April 2018 pukul 08.00 dan akan berakhir 27 April 2018 pukul 22.00. Khusus untuk pendaftaran daring UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Berikut tahapan untuk melakukan pendaftaran SBMPTN secara daring:

  1. Pendaftaran secara daring dapat dilakukan melalui laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tahap pertama masuk "Halaman untuk Memperoleh KAP dan PIN SBMPTN 2018"
  3. Kemudian peserta diminta mengisi nama lengkap sesuai ijazah. Hal ini perlu dilakukan secara hati-hati karena jika terjadi kesalahan proses tidak dapat diubah atau diperbaiki.
  4. Setelah proses diisi dengan benar, tinggal menekan tombol "Daftar" dan akan tinggal mencetak slip pembayaran yang dilakukan. Jangan lupa juga untuk menyimpan slip pembayaran yang sudah diterima.
  5. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk. Peserta diberi batas waktu 3 x 24 jam terhitung sejak slip pembayaran diterima.
  6. Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat kembali mengakses laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan memilih "Menu B".
  7. Di sini peserta diminta mengisi kode KAP dan PIN yang sudah diterima sebelumnya.
  8. Setelah itu, peserta akan masuk dalam laman "Pendaftaran SBMPTN 2018" serta diminta mengunggah foto dan mengisi sejumlah data, yaitu dari nomor induk siswa nasional (NISN), nomor induk kependudukan (NIK), alamat, dan data lainnya.
  9. Jika seluruh data telah diisi dengan benar, dapat menekan tombol "simpan".
  10. Terakhir, peserta dapat melakukan pilihan PTN, program studi, dan tempat ujian.

Tahap selanjutnya, peserta akan mengikuti ujian tulis UTBC atau UTBK yang dilaksanakan pada 8 Mei 2018. Peserta juga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan pada 9 dan 11 Mei 2018. Hasil ujian akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018, mulai pukul 17.00 dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X