Kompas.com - 21/04/2018, 12:25 WIB

KOMPAS.com - Melalui akun resmi instagram @kemdikbud.ri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dipastikan menerapkan metode High Order Thinking Level (HOTS) untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SMP 23-26 April 2018.

"Ya, benar, soal UN SMP juga akan menggunakan HOTS. HOTS di SMP tentu berbeda dengan HOTS di SMA," jelas admin @kemdikbud.ri saat beberapa warganet menanyakan rumor seputar penerapan HOTS dalam UN SMP mendatang.

Dalam mempersiapkan UN SMP yang berlangsung 23 -26 April 2018, Kemdikbud sebenarnya telah memberikan kisi-kisi soal untuk UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Kisi-kisi tersebut diberikan melalui laman resmi UN dan USBN Kemendikbud di http://un.kemdikbud.go.id/. Para siswa dapat mengunduh soal-soal UN melalui tautan yang diberikan berikut ini:

Kisi-kisi UN: https://drive.google.com/drive/folders/0B0VqzZFkfQpjeFZiWHRkODNhWXM

Kisi-Kisi USBN: https://drive.google.com/drive/folders/1t1yd-DCMbJuP_K-awrzBsHECCVn11WhS

Kisi-kisi USBN yang diberikan meliputi mata pelajaran: Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS.

Bedasarkan resmi un.kemdikbud.go.id, tidak kurang dari 28.647 sekolah tingkat SMP/MTs akan menjadi sekolah pelaksana UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Setidaknya akan ada 2.004.947 siswa tingkat SMP dan 689.573 MTs yang akan mengikuti UN tahun ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.