Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4K Jadi Kunci Sukses Anak Jaman 'Now'.

Kompas.com - 21/04/2018, 15:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Abad 21 memiliki tantangan tersendiri bagi generasi milenial. Oleh karenanya, pendidikan jaman 'now' harus menyiapkan setiap anak agar memiliki kemampuan untuk menjawab setiap tantangan yang muncul saat ini.

Kemampuan apa saja yang harus dimiliki? P21, organisasi nonprofit Amerika yang memfokuskan diri bagaimana mempersiapkan siswa agar mampu menghadapi abad 21, merumuskan 4 hal kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan era digital saat ini.

Organisasi yang terdiri dari ribuan anggota dari berbagai kalangan pendidik, bisnis dan pemerintah menjabarkannya dalam "4K", yaitu:

Kolaborasi

Kemampuan untuk bekerjasama mencapai tujuan atau target yang diinginkan. Pendidikan harus menyiapkan anak mampu bersinergi bersama orang lain dengan kemampuan yang ia miliki.

Anak yang akan berhasil adalah mereka yang selalu memiliki keinginan memberi kontribusi, berbagi tugas dan tanggung jawab, sekaligus menjadi pendengar yang baik. 

Komunikasi

Sudah jelas era digital akan menuntut kemampuan komunikasi sebagai salah satu syarat keberhasilan. Lihat bagaimana saat ini 'bahasa media sosial' baik verbal maupun non verbal menjadi kekuatan di era digital ini.

Era 21 jelas membutuhkan kemampuan untuk menyampaikan pikiran, ide atau solusi kepada karakter dan di lingkungan yang berbeda.

Kritis Berpikir

Sikap kritis ditunjukan saat anak mampu untuk melihat persoalan secara lebih kompleks untuk kemudian melakukan berbagai pendekatan dalam mencari solusi. 

Bekali anak untuk mampu untuk melihat permasalahan dengan cara pandang yang berbeda. Anak perlu belajar untuk dapat melakukan refleksi, analisa dan solusi sebagai jalan untuk keluar dari permasalahan.

Kreatif

Sudah tidak diragukan lagi generasi milenial adalah generasi kreatif. Generasi saat ini sering melakukan berbagai pendekatan secara inovatif. 

Orangtua dapat memberikan kesempatan anak bebas bereksplorasi pada imajinasinya agar anak terbiasa kreatif dalam berpikir. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com