Kompas.com - 23/04/2018, 21:40 WIB

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama (23/4/2018) mengalami kendala server (jaringan) pusat sehingga Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terpaksa tertunda di beberapa sekolah.

Saat dihubungi Kompas.com, kepala sekolah SMPN 1 Surabaya Dra. Hj. Titik Sudarti, M.Pd menyampaikan pelaksanaan UNBK mengalami kendala akibat listrik padam dan koneksi dengan server pusat.

Meski SMPN 1 Surabaya telah 3 tahun melaksanakan UNBK dan melakukan persiapan matang, kendala ini terjadi di luar antisipasi pihak sekolah. 

"Agar para siswa tidak stress, sambil menunggu proses maintenance PLN dan koneksi dengan server pusat, saya kumpulkan anak-anak di aula kemudian saya 'mendongeng' di depan anak-anak mengenai pendidikan karakter," 'curhat' Titik.

"Cukup lama saya 'mendongeng' di depan anak-anak tentang mencintai budaya bangsa dan bahkan sempat melantunkan tembang Jawa di depan mereka sampai akhirnya listrik kembali menyala dan masalah maintenance server selesai," jelasnya.

Akhirnya, sekitar pukul 09.00, UNBK dapat dilaksanakan di SMPN 1 Surabaya. Tahun ini, 355 siswa melaksanakan UNBK di sekolah ini. Tiga tahun berturut-turut SMPN 1 Surabaya memperoleh nilai rata-rata UNBK terbaik untuk sekolah negeri provinsi Jawa Timur.

'Curhat' serupa diceritakan kepala sekolah SMPN 1 Temanggung, Tri Wanggono S.Pd. Kepada Kompas.com Tri menyampaikan ini merupakan kali pertama SMPN 1 Temanggung melaksanakan UNBK di sekolah.

"Saya segera mengerahkan para guru untuk masuk ke tiap-tiap ruang ujian untuk menenangkan siswa agar tidak panik," jelas Tri.

Para siswa SMPN 1 Temanggung telah 3 kali melakukan latihan UNBK termasuk simulasi yang dilakukan Sabtu lalu (21/4/2018).

"Sabar ya, sabar...," demikian cerita Tri saat para guru berusaha menenangkan 274 siswa yang resah lantaran baru kali pertama melaksanakan UNBK.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.