Kompas.com - 24/04/2018, 21:03 WIB

KOMPAS.com - Pantauan sejak hari pertama (23/4/2018), netizen lebih bersikap 'manis' dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP.

Pihak sekolah dari SMPN 1 Temanggung, SMPN 1 Surabaya, SMPN 115 Jakarta dan SMPN 1 Tangerang yang dihubungi Kompas.com (24/4/2018) menyampaikan belum ada keluhan disampaikan siswa mengenai materi UN bahasa Indonesia dan matematika.

Lini massa media sosial kemarin pun, warganet menanggapi santai berlangsungnya UNBK bahasa Indonesia.

Bahkan ada warganet melemparkan canda memuji Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy 'ganteng' lantaran memberikan soal HOTS mudah pada UNBK bahasa Indonesia kemarin.

"Bapak muhadjir ganteng deh, apalagi kl ga nyusahin orang ^____^," canda netizen dengan akun @salsabilaynd.

Demikian pula sikap warganet terhadap pelaksanaan UNBK matematika pada hari kedua ini. 

"Soal mtk nya ga terlalu susah, mksh ya pak :'," komentar akun @rifaihmd.

"Terima kasih pak, soal UN SMP tahun ini tidak sesulit yang dibayangkan dan juga sudah sesuai kisi-kisi," akun @keishazzhra membagikan pengalamannya.

Akun @veronicacgtmg bahkan tidak dapat menyembunyikan kelegaannya, "Pak td mtk gampang bgt pak saya selesai duluan :)))))"

Namun bukan anak jaman 'now' kalau tidak memberikan komentar dengan gaya mereka.

"Jangan ngerjain soal UN, BERAT. Kita tidak akan kuat biar BAPAK saja yang mengerjakannya," unggah akun @mauraa_19.

Akun @makrusputra memberi komentar pada salah satu soal matematika. "Dear andri besok lagi kalau mau pergi langsung ketujuan ya ga usah mampir mampir, kalo mau ke kota B ya ke kota B ya ga usah mampir ke kota P, apalagi mampir ke kota Q."

Sedikit nakal, akun @alyssatabina memberikan 'sentilan', "Min, di Tokyo ga ada termometer yah? Ga ada google? Apa gimana? Kok yang ngitung suhu kita min?"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.