Kompas.com - 26/04/2018, 20:54 WIB

KOMPAS.com - Berbeda dari tahun sebelumnya program S1 reguler Universitas Indonesia (UI) kini hanya dapat diambil melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Tahun ini UI memiliki 64 program studi (prodi) S1  reguler. Secara resmi UI telah merilis data jumlah pendaftar, daya tampung dan tingkat persaingan di setiap prodi.

Untuk menjadi gambaran tahun 2017 prodi Ilmu Hukum paling banyak diminati calon mahasiswa dengan jumlah 4.297 peserta. Kemudian disusul dengan manajemen 4.159 peserta dan ilmu kedokteran 4.041 peserta.

Dari sisi daya tampung, tahun 2018 prodi ilmu hukum paling banyak menampung mahasiswa yakni 175 orang. Selanjutnya, prodi psikologi menampung 140 peserta disusul dengan prodi manajemen dan akutansi dengan daya tampung masing-masing 137 peserta.

Daya saing tiap prodi juga dirilis dalam data SBMPTN UI yang ditunjukan dengan persentase. Semakin besar persentase daya saing akan semakin kecil demikian sebaliknya semakin kecil maka daya saing makin besar.

Menarik, prodi sastra Inggris justru memiliki tingkat persaingan paling tinggi di UI dengan nilai 1.29%. Prodi hubungan internasional juga memiliki tingkat persaingan tinggi di angka 1.66%. Demikian halnya prodi bahasa dan kebudayaan Korea yang tahun ini mengalami peningkatan angka persaingan dengan nilai 1.82%.

Untuk jalur SBMPTN, UI telah menetapkan jadwal pendaftaran yang akan berakhir besok, 27 April 2018. Ujian SBMPTN UI akan dilakukan serentak bersama perguruan tinggi negeri lain tanggal 8 Mei 2018 dan diumumkan pada 3 Juli 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.