Kompas.com - 27/04/2018, 19:33 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) memastikan akan memberikan kesempatan 1.636 kursi untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

Pada pelaksanaan SBMPTN 2018, ITB akan bergabung di Panitia Lokal (Panlok) 34 Bandung bersama dengan enam perguruan tinggi lainnya, yaitu Universitas Pajajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Siliwangi (Unsil), serta Institut Senin dan Budaya Indonesia (ISBI).

Sebelumnya, 2.359 calon mahasiswa telah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) 2018. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) menjadi pilihan program studi (prodi) tertinggi di bidang sains dan teknologi (Saintek) sedangkan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) di bidang sosial dan humaniora (Soshum).

Sedangkan tingkat persaingan paling tinggi terdapat di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) untuk kelompok saintek, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) untuk kelompok soshum.

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sendiri akan dilakukan pada Selasa, 8 Mei 2018 dan akan disusul dengan ujian keterampilan pada 9 - 11 Mei 2018 jika peserta memilih program studi (prodi) yang memerlukan keterampilan.

Di ITB sendiri, ujian keterampilan diberlakukan untuk peserta yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

ITB juga memberikan kesempatan bagi calon peserta berkebutuhan khusus untuk dapat mengikuti ujian SBMPTN.

Dikutip dari laman resmi https://www.itb.ac.id, ITB juga membuka 6 prodi Kelas Internasional, yaitu prodi Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinik dan Komunitas, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Manajemen. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.