Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Masuk UGM Dibuka Hari Ini! Pahami Prosedur dan Syaratnya

Kompas.com - 21/05/2018, 19:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) pada hari ini (21/5/2018) tepat pukul 15.00 WIB telah membuka pendaftaran Ujian Masuk (UM) mahasiswa baru tahun ajaran 2018 dari jalur seleksi mandiri atau yang dikenal dengan Ujian Tulis (Utul).

UGM menyediakan kuota 2.130 kursi dari jalur ujian masuk mandiri ini.

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Utul bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA tahun 2018, 2017, dan 2016 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi untuk Program Sarjana dan/atau Program Diploma.

Seperti halnya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), kelompok Utul UGM terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu: Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Lalu apa persyaratan yang ditetapkan UGM bagi calon mahasiswa dari jalur seleksi mandiri ini?

Dikutip dari laman resmi penerimaan mahasiswa baru UGM di http://um.ugm.ac.id, syarat calon mahasiswa yang dapat mengikuti UM adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia dan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.

3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah. 

Baca juga: 5 PTN Paling Diminati di SBMPTN 2018

Prosedur calon mahasiswa untuk mengikuti UM UGM:

1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur Utul berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.

2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.

3. Membayar biaya pendaftaran melalui bank yang telah ditunjuk. Biaya pendaftaran telah ditetapkan sebesar Rp. 300.000 untuk kelompok Soshum atau Saintek. Sedangkan khusus untuk kelompok Campuran dikenakan biaya pendaftaran Rp. 325.000.

4. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing.

5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Pendaftaran UM UGM jalur mandiri dibuka 21 Mei 2018 dan akan ditutup pada 25 Juni 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com