5 Ciri Anak dengan 'Kecerdasan Musikal'

Kompas.com - 22/05/2018, 09:56 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Kalau buah hati senang bernyanyi dan mampu 'menembak' nada dengan tepat, bisa jadi ia memiliki kecerdasan musikal.

Tidak semua kecerdasan harus berhubungan dengan hal sains seperti matematika, teknologi atau ilmu pengetahuan alam.

Ahli riset Amerika Prof. Howard Gardener memetakan ragam kecerdasan atau 'multiple intelligence' anak dalam 8 kategori utama. 

Menurutnya, setiap orang memilki bermacam-macam kecerdasan tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda.

Yang di maksud kecerdasan menurut Gardener adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkembangkan. Gardener membagi kecerdasan anak dalam 8 wilayah kecerdasan: linguistik, logika matematik, visual dan spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan naturalis.

Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.

Baca juga: Cara Orangtua Menumbuhkan Kecerdasan Bahasa

Ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan musikal diantaranya:

1. Anak dapat memainkan alat musik.

2. Anak dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada.

3. Anak dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X