Kompas.com - 23/05/2018, 16:22 WIB

KOMPAS.com - Belanda masih menjadi desitinasi pembelajaran yang menarik untuk dipilih. Dari data eurogates.nl, tidak kurang dari 81 ribu pelajar internasional memilih Belanda sebagai pilihan studi. 70% atau lebih dari 55 ribu di antaranya adalah mahasiswa internasional yang mengambil pendidikan strata sarjana.

Masih dari data yang sama, jumlah data pelajar Indonesia yang belajar di sana mencapai angka 1.504 mahasiswa.

Dari data StuNed (Studeren in Nederland) atau Studi di Belanda, lebih dari 4.500 pelajar yang mendapat beasiswa StuNed telah menempuh studi di Belanda dalam kurun waktu 18 tahun semenjak StuNed diresmikan.

Mengapa Belanda menjadi pilihan yang menarik untuk menempuh studi?

Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Azis Nurwahyudi dalam acara "StuNed Welcoming Session" menyampaikan kepada Kompas.com alasan mengapa Belanda masih menjadi destinasi studi yang menarik untuk dilirik:

1. Sistem pendidikan Belanda sangat maju, jelas Azis. Tidak kalah dengan pendidikan di negara Eropa lain.

ARWU (The Academic Ranking of World Universities) atau yang dikenal dengan Shanghai Ranking menempatkan beberapa universitas top Belanda dalam 100 Besar.

University Utrecht menempati posisi 47 dunia, University of Groningen dan Erasmus University Rotterdam di posisi 59 dan 73 serta Leiden University di urutan 88 dunia.

2. Fasilitas di sana sangat bagus. Banyak universitas di Belanda menjadi universitas kelas dunia, ujar Azis.

Misal untuk pertanian ada Wageningen University adalah salah satu dari 2 terbaik di dunia. Itu mengapa banyak anak Indonesia belajar life science di sana, tambahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.