Menumbuhkan Minat Matematika dan Sains lewat OMSI

Kompas.com - 30/05/2018, 19:23 WIB
Pelaksanaan penyisihan OMSI (Olimpiade Matematika dan Sains Internasional) provinsi Sumatera Selatan di Paramount School, Palembang (27/5/2018) Dok. Paramount School PalembangPelaksanaan penyisihan OMSI (Olimpiade Matematika dan Sains Internasional) provinsi Sumatera Selatan di Paramount School, Palembang (27/5/2018)

KOMPAS.com - OMSI (Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia) merupakan ajang kompetisi matematika dan sains yang merunut pada kompetisi IMSO (International Math Science Olympiad)  yang tahun ini memasuki tahun ke 18 dan akan diadakan di China.

Berbeda dengan kompetisi lain yang memisahkan lomba matematika dan sains, OMSI justru mengombinasikan bidang studi matematika dan sains dalam satu lomba. Lomba ini secara khusus ditujukan bagi siswa kelas 4 - 5 SD.

Tahun ini merupakan seleksi lomba ke 3 yang diadakan OMSI di Indonesia.

Babak penyisihan OMSI dilakukan tanggal 27 Mei 2018 lalu serentak di 39 kota dari pukul 08.00 sampai 09.30 WIB.

Paramount School di Palembang menjadi salah satu tuan rumah OMSI tingkat provinsi Sumatera Selatan.

"Paramount School sebelumnya pernah menjadi penyelenggara KMNR (Kompetisi Matematika Nasional Realistik), itu salah satu alasan pihak Klinik Pendidikan MIPA (KPM), panitia OMSI untuk Indonesia memilih sekolah ini sebagai tuan rumah," jelas Wulandari, S. Pd Koordinator kompetisi OMSI dari pihak sekolah.

Baca juga: 10 SMP Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Nilai UN

"Dengan diadakannya OMSI di Paramount School saya berharap akan memberi dampak yang sangat positif di bidang pendidikan matematika dan sains khususnya di Sumatera Selatan," ujar Rinaldo Alimin Direktur Paramount School.

Khususnya bagi para siswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang tersebut, kompetisi ini dapat dijadikan sebagai bahan indikator dan juga acuan sekolah mana yang terbaik di bidang tersebut, tambah Rinaldo.

Untuk provinsi Sumatera Selatan, seleksi OMSI diikuti oleh 55 siswa dari 7 sekolah yang datang dari Kota Palembang dan juga Kabupaten Ogan Komering Ilir, tambah Wulan.

Pemenang dari seleksi tingkat provinsi akan mengikuti seleksi tahap nasional akhir Agustus di Bogor.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X