Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Menciptakan Suasana Menyenangkan di Rumah bagi Remaja

Kompas.com - 15/06/2018, 21:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki anak usia remaja tentu memiliki tantangan sendiri dalam mendidik. Seiring usianya yang telah bertambah, usia remaja sering kali melampiaskan banyak hal di luar rumah. Akibatnya, mereka terbawa hal-hal negatif yang tidak baik untuk masa depannya.

Karena itulah, tugas orangtua untuk menciptakan lingkungan aman, nyaman dan menyenangkan di rumah untuk mereka. Di luar rumah atau di sekolah, anak mungkin menghadapi masalah yang menjadi beban tersendiri baginya.

Orangtua diharapkan dapat membantu permasalah tersebut dan membicarakan dengan anak sehingga beban anak menjadi ringan.

Lingkungan rumahlah yang dapat menjadi penyejuk jiwa anak dengan menciptakan suasana rumah yang tenteram, damai sehingga membuat anak betah di rumah.

Terlebih di saat libur panjang sekolah dan juga libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, rumah kembali menjadi tempat aktivitas seluruh hari bagi remaja.

Lalu, bagaimana cara orangtua menciptakan suasana menyenangkan di rumah?

Dikutip dari buku "Menjadi Orang Tua Hebat" yang dikeluarkan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemdikbud, menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan menyenangkan dapat dilakukan dengan cara:

1. Memberi kesempatan anak bermain bersama teman sebaya

Dengan membiarkan anak bergaul dengan teman sebaya yang berbeda agama, suku bangsa dan juga dengan anak penyandang disabilitas akan memberikan manfaat antara lain dapat belajar membangun kerja sama, menghargai perbedaan, membantu atau menerima bantuan dari teman serta dapat berempati pada kekurangan teman, seperti misalnya kepada anak penyandang disabilitas.

2. Mengajak anak membantu pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuannya

Dengan membantu melakukan pekerjaan di rumah, anak akan merasa keberadaannya diakui, merasa berguna dan belajar bertanggung jawab.

Baca juga: Mengajarkan Anak Makna Toleransi

Yang terpenting, orangtua harus memastikan pekerjaan yang diberikan pada anak aman, menyenangkan dan sesuai dengan usia. Misalnya, anak usia remaja, untuk remaja laki-laki bisa ditugaskan mencuci kendaraan pribadi milik keluarga seperti motor atau mobil, sementara untuk remaja perempuan bisa ditugaskan membantu ibu masak di dapur atau membereskan ruangan serta merapikan pajangan yang ada di rumah.

3. Berkomunikasi efektif dengan anak

Berkomunikasi dengan anak remaja tentu harus punya cara sendiri, antara lain, jadilah pendengar yang baik saat anak berbicara atau bercerita. Berempatilah dalam mendengarkan saat anak berbicara.

Bacalah bahasa tubuh atau perilaku anak, dengarkan pendapat, pikiran dan ungkapan perasan anak. Tataplah anak dengan kasih sayang ketika berbicara. Gunakan ekspresi wajah atau bahasa tubuh yang sesuai agar anak bisa lebih mudah memahami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com