4 Langkah Menciptakan Suasana Menyenangkan di Rumah bagi Remaja

Kompas.com - 15/06/2018, 21:17 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memiliki anak usia remaja tentu memiliki tantangan sendiri dalam mendidik. Seiring usianya yang telah bertambah, usia remaja sering kali melampiaskan banyak hal di luar rumah. Akibatnya, mereka terbawa hal-hal negatif yang tidak baik untuk masa depannya.

Karena itulah, tugas orangtua untuk menciptakan lingkungan aman, nyaman dan menyenangkan di rumah untuk mereka. Di luar rumah atau di sekolah, anak mungkin menghadapi masalah yang menjadi beban tersendiri baginya.

Orangtua diharapkan dapat membantu permasalah tersebut dan membicarakan dengan anak sehingga beban anak menjadi ringan.

Lingkungan rumahlah yang dapat menjadi penyejuk jiwa anak dengan menciptakan suasana rumah yang tenteram, damai sehingga membuat anak betah di rumah.

Terlebih di saat libur panjang sekolah dan juga libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, rumah kembali menjadi tempat aktivitas seluruh hari bagi remaja.

Lalu, bagaimana cara orangtua menciptakan suasana menyenangkan di rumah?

Dikutip dari buku "Menjadi Orang Tua Hebat" yang dikeluarkan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemdikbud, menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan menyenangkan dapat dilakukan dengan cara:

1. Memberi kesempatan anak bermain bersama teman sebaya

Dengan membiarkan anak bergaul dengan teman sebaya yang berbeda agama, suku bangsa dan juga dengan anak penyandang disabilitas akan memberikan manfaat antara lain dapat belajar membangun kerja sama, menghargai perbedaan, membantu atau menerima bantuan dari teman serta dapat berempati pada kekurangan teman, seperti misalnya kepada anak penyandang disabilitas.

2. Mengajak anak membantu pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuannya

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X