Baru Lulus dan Mencari Kerja? Perhatikan 3 Hal Ini - Kompas.com

Baru Lulus dan Mencari Kerja? Perhatikan 3 Hal Ini

Kompas.com - 18/06/2018, 22:29 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Selain gelar sarjana yang diperoleh setelah prosesi wisuda, seseorang juga akan mendapat 'gelar'  fresh graduate

Seringkali fresh graduate akan dihinggapi kebingungan: harus mencari kerja di mana, bagian apa, dan bagaimana menjalaninya.

Terlebih saat ini fresh graduate akan dihadapkan pada masa- masa mencari kerja yang penuh persaingan. Sebagai seorang ''pencari kerja pemula" tentunya harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan mencari pekerjaan.

Berikut 3 hal penting yang dapat perhatikaan saat mencari pekerjaan sebagai fresh graduate:

1. Orientasi mencari pengalaman

Saat mencari pekerjaan, ada baiknya fokus pada apa yang akan menjadi pekerjaan utama kita. Pekerjaan pertama akan menjadi batu loncatan sehingga pastikan benar-benar menjadikannya pengalaman yang berharga dalam hidup.

Pilihlah pekerjaan yang sekiranya benar-benar bisa menambah pengalaman dan juga nilai tambah saat kita akan melangkah ke pekerjaan atau perusahaan lain di kemudian hari.

2. Jangan terlalu pemilih

Meski idealis dengan bermimpi mendapat bekerja di perusahaan besar kenamaan, tidak ada salahnya kita berpikir lebih realistis.

Saat kita terlalu memilih maka kesempatan kerja akan jauh lebih sempit. Pastinya perusahaan besar juga memiliki tingkat persaingan lebih tinggi di luar sana.

Baca juga: Infografik: 4 Hal Seru yang Dapat Dilakukan Setelah Wisuda

Tidak ada salahnya memilih bekerja di perusahaan menengah atau kecil sebagai 'batu loncatan'. Perusahaannya kecil biasanya memiliki sistem lebih sederhana sehingga akan memberikan kesempatan untuk lebih berkembang mengeksplor perusahaan tersebut.

Pastinya kita akan memilih peluang lebih banyak belajar tentang berbagai hal di dalam perusahaan.

3. Gaji bukan ukuran utama

Besaran gaji memang akan selalu menjadi pertimbangan para fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan. Namun, hal itu jangan sampai menjadi tolok ukur kita dalam memilih jenis pekerjaan dan perusahaan.

Cobalah untuk lebih realistis. Sesuaikan dengan pengalaman dan juga kemampuan kita saat bekerja nanti. Performa kita saat bekerja nantinya juga akan mempengaruhi besaran gaji dan bonus yang diterima. 

Meski kita belum memiliki banyak pengalaman saat menjadi fresh graduate, kita harus bertekad untuk dapat melakukan terbaik.

Selain itu, kita juga bisa menjadikan pekerjaan pertama sebagai pengalaman berharga dalam hidup untuk dapat lebih baik lagi di masa depan. Semangat! 


Komentar
Close Ads X