Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Survei 2018, 5 Jurusan Ini Memiliki Gaji Tinggi Setelah Bekerja

Kompas.com - 19/06/2018, 16:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Selain passion atau renjana, jaminan penghasilan baik menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih program studi (prodi) saat kuliah. Terkait hal itu, tidak ada salahnya mencari gambaran tentang penghasilan kita setelah lulus dan bekerja nanti.

Jika mengejar gelar tinggi bukan menjadi prioritas utama dan potensi penghasilan tinggi adalah hal yang dicari, maka pilihan jurusan S1 (sarjana) dan saran di bawah ini dapat menjadi refensi untuk memiliki potensi gaji tinggi:

01. Akuntansi

"Bekerja dengan uang untuk menghasilkan uang" adalah istilah yang tidak asing bagi mereka yang bergelut di bidang keuangan. Tidak hanya pada level atas, level pemula dari jenjang karir di bidang ini juga menjanjikan penghasilan yang baik. 

Berdasarkan survei gaji 2018 yang dilakukan National Association of Colleges and Employers (NACE). Lulusan baru S1 akuntansi di Amerika mendapat rata-rata gaji awal mereka di angka $ 50,833 pertahun atau sekitar 708 juta rupiah. Sedangkan di Inggris, fresh graduate jurusan ini mendapat gaji awal di angka $ 35,500 atau sekitar 494 juta rupiah per tahun.

Angka ini dapat bertambah apabila yang bersangkutan training atau mendapat serfitikat tambahan sebagai akuntan publik.

Yang perlu dilakukan: untuk jenjang awal, sarjana lulusan akuntansi dapat memperoleh penghasilan yang lebih tinggi tanpa harus mengejar gelar S2 atau yang lebih tinggi. Caranya dengan mengikuti perbagai pelatihan, training atau sertifikasi terkait dengan bidang keuangan (akuntansi publik, pajak, dan lainnya).

02. Teknik

Prodi ini merupakan jurusan yang secara konsisten dalam survei NACE selalu memberikan gaji yang terbaik bagi para lulusannya. Lulusan dari teknik komputer saat menempati perolehan gaji tertinggi dalam survei dengan rata-rata gaji awal $ 69,510 atau sekitar 968 juta rupiah per tahun di Amerika.

Lulusan teknik di Inggris rata-rata mendapatkan gaji awal sekitar $ 35,550 atau 495 juta rupiah per tahun.

Baca juga: 4 Hal Penting Temukan Pekerjaan yang Jadi Renjana

Yang perlu dilakukan: untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, sarjana teknik dapat mengambil keahlian khusus dan lebih spefisik di bidangnya. Pelatihan dan kualifikasi bidang yang lebih spesifik akan dapat menambah tingkat penghasilan selanjutnya.

03. Informatika/Programmer

Saat ini sarjana informatika / TI (teknik informatika) sedang banyak dibutuhkan seiiring dengan meningkatkan dengan teknologi digital dan online. Berdasarkan survei yang sama, rata-rata gaji programmer yang baru lulus sarjana mencapai $ 66,005 atau sekitar 919 juta rupiah per tahun di Amerika atau $ 43,800 atau sekitar 610 juta rupiah per tahun di Inggris.

Beberapa sektor dari bidang TI ini dapat memperoleh gaji awal yang lebih tinggi seperti dalam bidang web development, network dan juga software development.

Yang perlu dilakukan: pengalaman kerja menjadi kata kunci bagi sarjana lulusan bidang ini untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com