Hasil Survei 2018, 5 Jurusan Ini Memiliki Gaji Tinggi Setelah Bekerja - Kompas.com

Hasil Survei 2018, 5 Jurusan Ini Memiliki Gaji Tinggi Setelah Bekerja

Kompas.com - 19/06/2018, 16:59 WIB
ilustrasiShutterstock ilustrasi

KOMPAS.com - Selain passion atau renjana, jaminan penghasilan baik menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih program studi (prodi) saat kuliah. Terkait hal itu, tidak ada salahnya mencari gambaran tentang penghasilan kita setelah lulus dan bekerja nanti.

Jika mengejar gelar tinggi bukan menjadi prioritas utama dan potensi penghasilan tinggi adalah hal yang dicari, maka pilihan jurusan S1 (sarjana) dan saran di bawah ini dapat menjadi refensi untuk memiliki potensi gaji tinggi:

01. Akuntansi

"Bekerja dengan uang untuk menghasilkan uang" adalah istilah yang tidak asing bagi mereka yang bergelut di bidang keuangan. Tidak hanya pada level atas, level pemula dari jenjang karir di bidang ini juga menjanjikan penghasilan yang baik. 

Berdasarkan survei gaji 2018 yang dilakukan National Association of Colleges and Employers (NACE). Lulusan baru S1 akuntansi di Amerika mendapat rata-rata gaji awal mereka di angka $ 50,833 pertahun atau sekitar 708 juta rupiah. Sedangkan di Inggris, fresh graduate jurusan ini mendapat gaji awal di angka $ 35,500 atau sekitar 494 juta rupiah per tahun.

Angka ini dapat bertambah apabila yang bersangkutan training atau mendapat serfitikat tambahan sebagai akuntan publik.

Yang perlu dilakukan: untuk jenjang awal, sarjana lulusan akuntansi dapat memperoleh penghasilan yang lebih tinggi tanpa harus mengejar gelar S2 atau yang lebih tinggi. Caranya dengan mengikuti perbagai pelatihan, training atau sertifikasi terkait dengan bidang keuangan (akuntansi publik, pajak, dan lainnya).

02. Teknik

Prodi ini merupakan jurusan yang secara konsisten dalam survei NACE selalu memberikan gaji yang terbaik bagi para lulusannya. Lulusan dari teknik komputer saat menempati perolehan gaji tertinggi dalam survei dengan rata-rata gaji awal $ 69,510 atau sekitar 968 juta rupiah per tahun di Amerika.

Lulusan teknik di Inggris rata-rata mendapatkan gaji awal sekitar $ 35,550 atau 495 juta rupiah per tahun.

Baca juga: 4 Hal Penting Temukan Pekerjaan yang Jadi Renjana

Yang perlu dilakukan: untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, sarjana teknik dapat mengambil keahlian khusus dan lebih spefisik di bidangnya. Pelatihan dan kualifikasi bidang yang lebih spesifik akan dapat menambah tingkat penghasilan selanjutnya.

03. Informatika/Programmer

Saat ini sarjana informatika / TI (teknik informatika) sedang banyak dibutuhkan seiiring dengan meningkatkan dengan teknologi digital dan online. Berdasarkan survei yang sama, rata-rata gaji programmer yang baru lulus sarjana mencapai $ 66,005 atau sekitar 919 juta rupiah per tahun di Amerika atau $ 43,800 atau sekitar 610 juta rupiah per tahun di Inggris.

Beberapa sektor dari bidang TI ini dapat memperoleh gaji awal yang lebih tinggi seperti dalam bidang web development, network dan juga software development.

Yang perlu dilakukan: pengalaman kerja menjadi kata kunci bagi sarjana lulusan bidang ini untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

04. Komunikasi atau Kehumasan

Lulusan komunikasi di Amerika rata-rata memperoleh gaji awal dalam kisaran $ 51.448 atau sekitar 716 juta rupiah per tahun. Untuk rata-rata staf kehumasan (PR) di Inggris akan memperoleh penghasilan sekitar $ 28,900 atau sekitar 402 juta rupiah per tahun.

Angka penghasilan atau gaji dari lulusan komunikasi akan naik secara signifikan setelah meraih gelar pascasarjana atau memasuki jenjang manajerial dalam karir. Gaji manajer kehumasan rata-rata mencapai $ 50,600 di Inggris.

Hal yang perlu dilakukan: dibutuhkan kerja keras dan ketekunan bagi lulusan komunikasi yang baru memasuki ruang lingkup pekerjaan kehumasan untuk mencapai gaji yang lebih tinggi di tingkat manajerial. Dunia kerja akan melihat nilai lebih bila lulusan sarjana komunikasi memiliki kemampuan spesifik seperti jurnalisme, bisnis atau pemasaran.

05. Manajemen

Sudah menjadi rahasia umum bila dunia bisnis menjadi 'gudang'nya uang. Namun jangan salah, gaji tinggi baru akan diperoleh sarjana lulusan manajemen setelah pengalaman bertahun-tahun dan bekal gelar pascasarjana.

Menurut survei gaji di Amerika, rata-rata lulusan sarjana manajeman akan menerima gaji awal sekitar $ 67,569 atau sekitar 941 juta rupiah per tahun. Sedangkan di Inggris gaji awal bidang ini berkisar $ 35,600 atau sekitar 495 juta rupiah per tahun. Angka ini akan meningkat signifikan setelah lebih kurang 5 tahun pengalaman kerja menjadi $ 71,130 per tahun.

Hal yang diperlukan: tidak bisa dipungkiri kepemimpinan dan pengalaman bisnis menjadi 2 hal kunci dalam peningkatan jumlah penghasilan yang diinginkan bagi sarjana lulusan manajemen. Keterampilan analisis juga menjadi kata kunci penentu keberhasilan bidang ini. 


Komentar
Close Ads X