Hasil Survei 2018, 5 Jurusan Ini Memiliki Gaji Tinggi Setelah Bekerja

Kompas.com - 19/06/2018, 16:59 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi

KOMPAS.com - Selain passion atau renjana, jaminan penghasilan baik menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih program studi (prodi) saat kuliah. Terkait hal itu, tidak ada salahnya mencari gambaran tentang penghasilan kita setelah lulus dan bekerja nanti.

Jika mengejar gelar tinggi bukan menjadi prioritas utama dan potensi penghasilan tinggi adalah hal yang dicari, maka pilihan jurusan S1 (sarjana) dan saran di bawah ini dapat menjadi refensi untuk memiliki potensi gaji tinggi:

01. Akuntansi

"Bekerja dengan uang untuk menghasilkan uang" adalah istilah yang tidak asing bagi mereka yang bergelut di bidang keuangan. Tidak hanya pada level atas, level pemula dari jenjang karir di bidang ini juga menjanjikan penghasilan yang baik. 

Berdasarkan survei gaji 2018 yang dilakukan National Association of Colleges and Employers (NACE). Lulusan baru S1 akuntansi di Amerika mendapat rata-rata gaji awal mereka di angka $ 50,833 pertahun atau sekitar 708 juta rupiah. Sedangkan di Inggris, fresh graduate jurusan ini mendapat gaji awal di angka $ 35,500 atau sekitar 494 juta rupiah per tahun.

Angka ini dapat bertambah apabila yang bersangkutan training atau mendapat serfitikat tambahan sebagai akuntan publik.

Yang perlu dilakukan: untuk jenjang awal, sarjana lulusan akuntansi dapat memperoleh penghasilan yang lebih tinggi tanpa harus mengejar gelar S2 atau yang lebih tinggi. Caranya dengan mengikuti perbagai pelatihan, training atau sertifikasi terkait dengan bidang keuangan (akuntansi publik, pajak, dan lainnya).

02. Teknik

Prodi ini merupakan jurusan yang secara konsisten dalam survei NACE selalu memberikan gaji yang terbaik bagi para lulusannya. Lulusan dari teknik komputer saat menempati perolehan gaji tertinggi dalam survei dengan rata-rata gaji awal $ 69,510 atau sekitar 968 juta rupiah per tahun di Amerika.

Lulusan teknik di Inggris rata-rata mendapatkan gaji awal sekitar $ 35,550 atau 495 juta rupiah per tahun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X