Kompas.com - 23/05/2018, 12:49 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kamus Besar Bahasa Indonesia memadankan kata 'passion' dengan 'renjana'. Renjana memiliki arti: rasa hati yang kuat. Selain itu renjana juga digunakan untuk menyatakan keinginan atau niat untuk melakukan sesuatu. 

"Menemukan renjana dari pekerjaan kita bukanlah hal yang pasif. Renjana tidak datang dari tes bakat karir atau curhat dengan orang terdekat," jelas Dave Isay penulis buku "Callings: The Purpose and Passion of Work".

1. Titik temu 3 daftar

Buatlah 3 daftar pekerjaan yang kamu kuasai, hal yang membuat kamu merasa dihargai, dan pekerjaan yang menurutmu membuat orang lain lebih baik atau bahagia. 'Passion' atau renjana pekerjaanmu ada di titik temu antara ketiganya. Tutup semua apa yang orangtua harapkan, tuntutan sekitar atau saran teman. Carilah tempat tenang untuk bisa benar benar merenungkan hal ini, jelas Dave.

Jangan menuntut diri terlalu tinggi dalam pencarian ini. Menjadi ahli bedah yang luar biasa belum tentu menjadi sungguh menjadi renjana pekerjaanmu. Bisa jadi, melayani pelanggan di restoran itu bisa membuat bahagia, tambahnya.

Baca juga: Kunci Keberhasilan Tekad

2. Lahir dari pengalaman sulit

Renjana pekerjaan sering kali berasal dari pengalaman yang sulit. Pengalaman sulit seringkali membawa orang dalam perubahan di mana kita justru menemukan jalan baru dalam hidup, kata Dave. Pengalaman sulit seringkali justru memperjelas apa yang menjadi renjana dari pekerjaan yang kita lakukan, tambahnya.

3. Usia bukan patokan

Umur bukan hal yang relevan dengan penemuan renjana pekerjaan. Dalam bukunya itu, renjana dapat ditemukan pada usia berapa pun.

Dalam bukunya diceritakan, ada anak usia 15 tahun yang telah menjadi wasit NBA. Namun dicerita lain, ada seseorang yang bekerja sebagai akuntan selama 30 tahun sebelum menemukan kecintaannya menjadi penjual salmon.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.