Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanri Abeng University Luncurkan 2 Program Baru

Kompas.com - 28/06/2018, 17:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tanri Abeng University (TAU) meluncurkan 2 program baru hasil kerjasama dengan 2 institusi pendidikan internasional dalam acara Human Development and Leadership pada Kamis, 28 Juni 2018.

Kedua program tersebut adalah "MBA for Executive" bekerjasama dengan University of West Scotland (UWS) dan program "Diploma Online" bekerjasama dengan Australian Institute of Business, Management and Leadership (AIBML).

Program "MBA for Executive" diadakan bersama UWS dan dirancang bagi bagi karyawan yang menginginkan waktu fleksibel dalam belajar untuk mendapatkan gelar S2.

UWS sendiri masuk dalam top 3% universitas terbaik dunia versi Times Higher Education tahun 2018.

Program ini menerapkan metode 'blended learning' yaitu melalui pembelajaran online dan pertemuan dengan dosen-dosen yang terbang langsung dari UWS mengajar di TAU.

"Saat ini strategi manajemen efektif menjadi hal yang sangat penting menghadapi kondisi ekonomi yang tidak pasti. Melalui pendidikan manajemen strategik dengan prespektif internasional akan memperkuat keseluruhan manajeman dalam perusahaan lokal dan internasional," ujar Geoff Evans, Director International Collaboration UWS.

Baca juga: Ini Daftar 10 Universitas Terbaik Dunia 2018-2019

Program kedua dengan AIBML merupakan program diploma secara online dimana para mahasiswa memiliki kesempatan untuk meraih gelar sarjana dari 2 universitas Australia: RMIT dan University of Canberra.

RMIT masuk dalam 3 besar universitas Australia sedangkan University of Canberra masuk dalam 100 universitas terbaik versi Times Higher Education.

Melalui program diploma online ini diharapkan pelajar akan dapat menghemat biaya dan juga waktu karena dapat memangkas waktu pembelajaran dari 3 menjadi 2 tahun.

"Kami beroperasi di Australia dan internasional agar dapat menghubungkan proses pembelajaran dan pengalaman pendidikan terbaik di dunia melalui program online," jelas Prof Glenn Whithers, Board Chair dari AIBML.

Profesor Martijn Rademakers, guru besar Rotterdam School of Management dari Erasmus University juga menjadi pembicara dalam kesempatan tersebut dan menyampaikan peran penting smart learning dalam corporate universities.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memberikan sambutan dalam sosialisasi program kerjasama internasional Tanri Abeng University (28/6/2018)Dok. Tanri Abeng University Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memberikan sambutan dalam sosialisasi program kerjasama internasional Tanri Abeng University (28/6/2018)

"Universitas perlu terus beradaptasi agar tetap relevan dengan dinamika sosial yang kompleks dan senantiasa berubah," ujar Martijn.

Smart learning merupakan strategi untuk menyeleraskan organisasi dan lingkungan sosial yang keduanya membutuhkan kecepatan belajar dan memastikan pembelajaran ke arah yang tepat. 

Tanri Abeng pendiri dan rektor TAU dalam kesempatan yang sama menyampaikan harapannya agar pemimpin Indonesia kelak memiliki daya saing global.

"Permasalahan besar bangsa ini masih berkutat di bidang pendidikan. Untuk mengatasi masalah tersebut kita tidak dapat berjalan sendiri. Itulah yang menjadi latar belakang TAU menjalin kerjasama dengan banyak pihak untuk menciptakan pemimpin Indonesia yang memiliki daya saing global," ujar Tanri Abeng.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Dalam sambutannya, Eko menyampaikan manajemen dan kepemimpinan yang menjadi nilai penting di Tanri Abeng University, adalah kunci dalam menyukseskan pembangunan yang tengah diperjuangkan pemerintah. 

TAU telah berdiri sejak tahun 2011 dan memiliki 10 program studi yang telah terakreditasi diantaranya; Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Sistem Informatika, Teknik Sipil, Teknik Perminyakan, Administrasi Bisnis, Akuntansi, Manajemen dan Komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com