Jadwal dan Cara Registrasi Mahasiswa Unnes dari Jalur SBMPTN

Kompas.com - 04/07/2018, 11:27 WIB
http://penerimaan.unnes.ac.id/ Laman Universitas Negeri Semarang http://penerimaan.unnes.ac.id/
KOMPAS.com - Selamat bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang lolos pada jurusan dan universitas yang dipilih.

Setelah pengumuman, Selasa (4/7/2018), tahapan berikutnya yang harus dilakukan calon mahasiswa adalah melakukan registasi di universitas masing-masing.

Nah, berikut adalah jadwal dan cara registrasi bagi Anda yang lolos SBMPTN Universitas Negeri Semarang ( UNNES) yang dirangkum Kompas.com dari laman http://penerimaan.unnes.ac.id/:

 
Mengisi data pokok, pembayaran biaya pendidikan, dan registrasi
 
1. Setiap calon mahasiswa baru (kecuali yang diterima dengan bantuan Bidikmisi) membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester selama masa studi.

Sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerimaan beasiswa Bidikmisi, setiap calon mahasiswa baru wajib mengisi borang isian data diri serta mengunggah dokumen yang diprasyaratkan secara online melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id pada 4-12 Juli 2018.

 
2. Calon mahasiswa mengirimkan borang Formulir Data Pokok (A1) dan dokumen pendukung, melalui jasa pengiriman dokumen paling lambat 12 Juli 2018 (cap pos).

Dokumen ini dikirimkan ke:
Bagian Akademik Universitas Negeri Semarang
Gedung H (Rektorat) Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang
Jawa Tengah, 50229.

 
3. Calon mahasiswa pendaftar bantuan Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima SBMPTN akan dilakukan survei dan verifikasi data pokok untuk menentukan kelayakan sebagai penerima bantuan Bidikmisi.

Sementara, yang dinyatakan tidak layak pembiayaan Bidikmisi akan dikenakan UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi.

 
4. Besaran UKT yang harus dibayar setiap calon mahasiswa baru akan diumumkan pada 17 Juli 2018 di laman http://datapokok.unnes.ac.id
 
5. Pembayaran UKT dilakukan mulai 20-24 Juli 2018, melalui Bank BTN, BNI, dan BRI di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menunjukkan Kartu Peserta SBMPTN 2018.
 
6. Calon mahasiswa baru wajib melaksanakan registrasi secara online melalui laman dengan alamat http://datapokok.unnes.ac.id, mulai 20-24 Juli 2018 dengan syarat telah melunasi biaya pendidikan (kecuali calon mahasiswa penerima bantuan Bidikmisi).

Selanjutnya mencetak formulir registrasi yang tersedia pada laman http://datapokok.unnes.ac.id.

 
Tes kesehatan

1. Calon mahasiswa wajib melaksanakan kegiatan Tes Kesehatan di Puslakes UNNES yang akan dilaksanakan mulai pukul 08.00-14.00 WIB dari 24-26 Juli 2018 (sesuai jadwal fakultas masing-masing).

Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id 

 
2. Calon mahasiswa wajib memiliki Kartu KIS-JKN (BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas)dan menunjuk KLINIK (Pusat Layanan Kesehatan/Puslakes) UNNES sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).
 
3. Pemindahan FKTP dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile atau pada saat tes kesehatan di Puslakes Unnes.
 
4. Calon mahasiswa wajib melakukan tes kesehatan di KLINIK Unnes (Puslakes). Pembayaran bisa dilakukan di BTN, BNI, dan BRI sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) pada 20-24 Juli 2018 dengan nomor pembayaran 9 (+) nomor peserta SBMPTN 2018, contoh: 91184200991234.
 
5. Bukti setor pembayaran tes kesehatan dibawa saat tes kesehatan di Puslakes Unnes.
 
Verifikasi registrasi/lapor diri

1. Calon mahasiswa wajib melaksanakan verifikasi registrasi di Gedung Wuryanto, Auditorium Unnes Kampus Sekaran, mulai pukul 08.00-15.00 WIB sesuai jadwal setiap fakultas/program studi pada 25-27 Juli 2018 (sesuai jadwal fakultas masing-masing).

Informasi lebih lengkap bisa diakses di laman http://penerimaan.unnes.ac.id

 
2. Dalam kegiatan verifikasi registrasi/lapor diri, calon mahasiswa wajib menyerahkan berkas yang meliputi:
  • Fotokopi bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan
  • Formulir Registrasi (R1) yang dicetak melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id
  • Salinan kartu peserta SBMPTN 2018
  • Fotokopi ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang telah dilegalisasi oleh kepala sekolah dengan menunjukkan aslinya
  • Surat pernyataan menaati peraturan (R2) di Unnes dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3), yang dicetak melalui laman  http://datapokok.unnes.ac.id yang masing-masing telah ditandatangani di atas materai Rp 6.000
  • Tanda Terima KTM (R4), dan Tanda Bukti Registrasi (R5) yang dicetak melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id
  • Khusus bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi bantuan Bidikmisi wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Program Bidikmisi (R6) yang dicetak melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id
  • Surat keterangan kewarganegaraan dan surat izin dari Kemenristekdikti bagi Warga Negara Asing (WNA).
Berkas dimasukkan dalam map warna merah untuk (FIP, FBS), map warna kuning untuk (FIS, FMIPA,FE), dan map hijau untuk (FT, FIK, FH).
 
Ketentuan lain 

1. Hak sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:
  • Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan
  • Tidak menyerahkan fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah atau Surat Keterangan Lulus/SKL 2018 (asli)
  • Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran, pengisian data diridan registrasi
  • Tidak melakukan lapor diri/verifikasi pada waktu yang telah ditentukan 
2. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali

3. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk program studi tertentu, dapat dipindahkan ke program studi lain, diatur dalam ketentuan lebih lanjut
 
4. Upacara Perimaan Mahasiswa Baru pada 6 Agustus 2018

5. Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) 7-9 Agustus 2018

Kompas TV Ujian SBMPTN dilaksanakan serentak, untuk wilayah Jakarta Barat salah satu lokasi yang dijadikan tempat ujian adalah Universitas Esa Unggul.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X