Animal Anology, Inovasi Pintar Mahasiswa UGM untuk Hewan Peliharaan

Kompas.com - 16/07/2018, 21:50 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan ThinkstockIlustrasi hewan peliharaan

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada mengembangkan sebuah alat untuk mengidentifikasi dan menampilkan data rekam medis hewan peliharaan.

Ide ini berawal dari kesulitan klinik hewan dalam mengidentifikasi setiap hewan yang berkunjung rawat inap.

1. Dilengkapi RFID

“Produk kami berupa kalung hewan yang dilengkapi dengan RFID. Ada beberapa komponen yang digunakan, yaitu arduino dan modul RFID reader sebagai pendeteksi, sedangkan untuk menampilkan data medisnya menggunakan aplikasi visual studio,” kata Ketua tim pengembang, Rafika Nur Azizah dikutip dari laman resmi berita UGM.

Rafika mengembangkan produk ini bersama dengan keempat rekannya, yaitu Rani Rismayani dan Tanatsa Fahma Al-Husna, mahasiswa Program Studi (prodi) Rekam Medis, Avita Putri W, mahasiswa Prodi Kesehatan Hewan, serta Aditya Bagus K, mahasiswa Prodi Teknik Fisika, di bawah bimbingan Savitri Citra Budi.

2. Terobosan baru

Inovasi yang diberi nama Animal Accesories Technology atau disingkat Animal Anology ini dikembangkan dengan memanfaatkan dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) 2018. Perangkat ini, menurut para mahasiswa, merupakan terobosan baru di bidang rekam medis hewan karena belum pernah ada sebelumnya.

Baca juga: Kedokteran dan Hukum Jadi Prodi Favorit UGM di SBMPTN 2018

“Animal Anology memudahkan praktisi kesehatan hewan dalam melihat informasi kesehatan hewan. Hal ini jelas lebih mudah dibanding jika harus mencari di database satu per satu.

Selain itu, informasi mengenai vaksinasi serta pengobatan juga dapat ditampilkan sehingga dapat mempermudah untuk pengobatan yang akan diberikan selanjutnya,” imbuh Rani Rismayani.

3. Memudahkan rekam medis

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X