Hari Anak Nasional, Ini 5 Tips Awasi Anak Gunakan Gawai dari Kominfo

Kompas.com - 23/07/2018, 13:06 WIB
Sejumlah anak dari komunitas permainan tradisional Indonesia bermain tari bambu dalam perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2018 di taman baca masyarakat kolong flyover , Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (22/7/2018). ANTARA FOTO/Muhammad IqbalSejumlah anak dari komunitas permainan tradisional Indonesia bermain tari bambu dalam perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2018 di taman baca masyarakat kolong flyover , Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (22/7/2018).

KOMPAS.com - Secara rutin tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). HAN tahun ini mengangkat tema ," Anak Indonesia, Anak GENIUS" yang merupakan akronim dari Gesit, Empati, Unggul dan Sehat.

Terkait HAN 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) melalui akun resmi twitternya mengharapkan orangtua tetap memberikan perhatian saat anak menggunakan smartphone atau telepon pintar.

Berikut 5 tips pengawasan anak saat menggunakan telepon pintar:

1. Pilih konten yang tidak hanya menarik namun juga mendidik.

2. Gunakan smartphone yang khusus memiliki pengaturan untuk anak.

3. Beri durasi saat anak menggunakan gadget atau gawai.

Baca juga: Hari Anak Nasional dan PR Besar Pendidikan Anak Indonesia

4. Perhatikan video atau game yang diunduh oleh anak.

5. Hindari konten memiliki unsur kekerasan meski dikemas dalam tayangan kartun.

Lebih lanjut Menteri Kominfo, Rudiantara menyarankan anak-anak Indonesia lebih banyak bermain di alam.

"Banyaklah bermain di alam, batasi penggunaan gadget," katanya di akun twitter pribadinya  @rudiantara_id.

 

Dalam berbagai kesempatan Menteri Rudiantara mengajak anak-anak dan menganjurkan orang tua untuk memastikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan bijak.

"Saya minta tolong, nanti jika akses internet sudah masuk, Bapak dan Ibu harus menjaga anak-anak agar tidak berlebihan menggunakaan ponsel. Jangan sampai digunakan untuk mengakses hal-hal yang negatif," katanya saat berkunjung ke Kab. Puncak Jaya, Papua, Selasa (17/07/2018). 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X