"Kado" Hari Anak Nasional, Siswa Indonesia Raih Prestasi di IBO Iran

Kompas.com - 23/07/2018, 19:20 WIB
Siswa Indonesia yang berprestasi di ajang IBO tiba hari ini di tanah air  (23/7/2018) Dok. kemendikbudSiswa Indonesia yang berprestasi di ajang IBO tiba hari ini di tanah air (23/7/2018)

KOMPAS.com - Ada kabar membanggakan di Hari Anak Nasional 2018. Tim Olimpiade Biologi Indonesia mempersembahkan 4 medali perak di ajang International Biology Olympiad (IBO) ke-29 tahun 2018 di Tehran, Iran.

Keempat siswa tersebut yakni Samuel Kevin Pasaribu (SMA Unggul Del, Sumatera Utara), Syailendra Karuna Sugito (SMA Semesta BBS, Semarang), Aditya David Wirawan (SMAK 1 Petra, Surabaya) dan Silingga Metta Jauhari (8 DKI Jakarta).

Mereka tiba di Tanah Air hari ini (23/7/2018) disambut oleh Direktur Pembinaan SMA Purwadi Sutanto, Kasubdit Peserta Didik Suharlan, dan Kasi Kepribadian Alex Firngadi, beserta staf Subdit Peserta Didik.

1. Hasil Seleksi OSN

Siswa-siswa yang menjadi peserta IBO 2018 merupakan hasil seleksi berjenjang yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional pada tahun 2017 di Pekanbaru, Riau. 

Siswa-siswa terbaik hasil seleksi Nasional (OSN) kemudian dibina oleh tim pengajar dan asisten dari Tim Olimpiade Biologi Indonesia. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di ajang IBO kali ini, siswa Indonesia harus bersaing dengan 265 siswa dari 68 negara peserta.

2. Hari hari lomba

IBO ke-29 dibuka secara resmi dibuka pada Hari Minggu, 15 Juli 2018 oleh Menteri Pendidikan Republik Islam Iran di Hotel Espinas, Tehran.

Pada kesempatan yang sama Presiden IBO Dr. Poonpipope Kasemsap juga menambahkan bahwa selain berkompetisi, kolaborasi dan jejaring merupakan dua hal penting yang harus dibangun oleh saintis-saintis muda di masa akan datang.

 

Baca juga: Raih 1 Emas 5 Perak Matematika, Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X