Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DSC 2018 dan Upaya Memacu Tumbuhnya Wirausahawan Muda Indonesia

Kompas.com - 02/08/2018, 16:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi wirausaha dari Wismilak Foundation, Diplomat Success Challenge (DSC) kembali digelar. 

“Melalui DSC, kami yakin dapat terus mendukung Indonesia untuk lebih memperkuat sektor kewirausahaan di negara kita," jelas Doni Arya, perwakilan PT Wismilak Inti Makmur Tbk. dan penyelenggara DSC,  pada jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Doni menambahkan, ajang ini juga memberikan peluang para wirausaha muda Indonesia  untuk tumbuh dan berkembang.

Memasuki tahun ke-9 penyelenggaraan DSC, pendaftaran kompetisi mulai dibuka secara daring (online) sejak 1 Agustus  sampai 1 Oktober  2018.

1. Tema #Suksesmu

DSC selalu mengangkat tema berbeda. Tahun 2018 ini, DSC mengangkat tema #Suksesmu sebagai landasan motivasi peserta/challenger DSC. 

"Bahwa kesuksesan yang diraih seharusnya juga dapat memberi manfaat kepada orang banyak atau masyarakat. Arti sukses dalam event ini bukan hanya sukses untuk diri sendiri tapi juga membawa dampak bagi orang lain," kata Doni dalam pembukaan acara.

Diharapkan akan DSC akan memacu lahirnya para entreprenuer muda Indonesia yang sukses membuka banyak lapangan kerja baru atau mampu memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitar. 

Baca juga: Bersiap, 4 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Ini Bisa Segera Dicoba

Komitmen DSC ini sejalan dengan program pemerintah dalam pengembangan kewirausahaan Indonesia.  Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menargetkan menumbuhkan 20.000 wirausaha baru hingga akhir tahun 2019.

2. Pendampingan wirausahawan muda

Tahun ini DSC menyediakan hadiah hibah modal usaha dengan total 2 miliar rupiah. "Sejak awal berlangsung, DSC telah menghibahkan lebih dari 10 milyar rupiah untuk membantu wirausahawan muda dalam mengembangkan bisnis mereka. Namun, peran serta DSC tidak berhenti sampai di situ," kata Doni.

Selain modal usaha, para pemenang DSC juga akan mendapatkan pendampingan oleh orang-orang berpengalaman di bidangnya.

"Tidak hanya mentoring, DSC juga akan membantu dalam membuka jaringan atau networking seluas-luasnya untuk pengembangan wirausaha," tambahnya.

3. Aspek penilaian 3 P

Pada tahun ini, DSC menghadirkan juri terdiri dari: Surjanto Yasaputera  (profesional dunia marketing), Helmy Yahya (Direktur Utama TVRI), Antarina SF Amir (Direktur Pengelola HighScope Indonesia) dan Veronika Linardi (Pendiri & CEO Qerja.com). 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com