Terjadi di Kabupaten Bandung, Bukan "Drakor" tapi Menyentuh

Kompas.com - 09/08/2018, 20:16 WIB
Kunjungan Mahasiswa Korea ke SLB Jawa Barat (7/8/2018) Dok. Disdik JabarKunjungan Mahasiswa Korea ke SLB Jawa Barat (7/8/2018)

KOMPAS.com - Ini bukan "Drakor" atau drama seri televisi Korea. Tujuh mahasiswa Korea Selatan mengisi liburan dengan melakukan kunjungan ke Sekolah Luar Biasa di Indonesia. Mereka berasal dari 3 universitas Korea yakni Ajou University, Kyonggi University dan Hankuk University of Foregin Studies. 

Para mahasiswa Korea tersebut mengisi waktu libur kuliah dengan studi banding secara informal melihat langsung siswa luar biasa di Bandung Selatan.

Sebagian besar mahasiswa berasal dari jurusan pendidikan. Mereka sangat antusias dan berusaha mengaplikasikan pelajaran yang dipelajari di unversitas.

1. Ikut permainanan tradisional

7 Mahasiswa Korea Selatan kunjungi SLB Bandung (7/8/2018)Dok. Disdik Jabar 7 Mahasiswa Korea Selatan kunjungi SLB Bandung (7/8/2018)

Di SLB YKS III Katapang, Kabupaten Bandung (7/8/2018), para mahasiswa Korea disambut dengan iringan gamelan yang terdengar nyaring. Para siswa dan guru menari dan memainkan permainan tradisional, seraya menyambut kedatangan mahasiswa. 

Para mahasiswa yang mengenakan kaos putih tersebut pun tak henti-hentinya melempar senyum.

Sejurus kemudian, saat sinden menembangkan “Paciwit-ciwit lutung”, para siswa langsung mendekati mahasiswa dari Negeri Gingseng tersebut, membuat lingkaran dan saling mencubit punggung tangan masing-masing. Meski tekejut, para mahasiswa antusias mengikuti gerakannya.

Baca juga: Kisah Mahasiswa ITB Sisihkan 351 Peserta IMC di Bulgaria

Setelah itu, pemain Oray-orayan pun dilakoni. Dengan spontan, salah satu siswa penyandang Tunagrahita, Robby, menarik kedua tangan Lee Su Jin menjadi terowongan, diikuti Choi Eun Sun, Kim Young Hyun dan empat mahasiswa lain bergabung dengan para siswa menjadi ular.

Orang tua siswa yang berada di depan halaman pun tak bisa menahan tawa melihat anak-anaknya bermain bersama para mahasiswa Korea Selatan tersebut.

2. Mengenal lebih dekat

7 Mahasiswa Korea Kunjungi SLB Bandung (7/8/2018)Dok. DIsdik Jawa Barat 7 Mahasiswa Korea Kunjungi SLB Bandung (7/8/2018)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.